Ini Cara Warga Indonesia Rayakan Imlek di Amerika Serikat

Atraksi barongsai dalam perayaan Imlek di Pasadena Amerika Serikat
Sumber :
  • KJRI Los Angeles

VIVA.co.id - Warga Indonesia keturunan Tionghoa yang bermukim di Amerika Serikat - tepatnya di Kota Los Angeles dan sekitarnya - merayakan Tahun Baru Imlek Sabtu waktu setempat, 6 Februari 2016. Perayaan ini berlangsung meriah dengan nuansa ala Indonesia.

Peringatan Imlek Terbesar di Indonesia Digelar

Kemeriahan itu merupakan agenda rutin Indonesian Chinese American Association (ICAA) yang dilaksanakan setiap tahun - berpusat di Glenn A. Wilson High School, Hacienda Heights - demikian ungkap Konsulat Jenderal RI di Los Angeles. 

Di tengah perayaan itu, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles, Umar Hadi, mengajak seluruh hadirin turut andil dalam membangun Indonesia. “Marilah kita menuju Indonesia yang damai, adil, dan sejahtera. Kita semua punya tanggungjawab untuk berkontribusi pada proses pembangunan Indonesia ini demi generasi masa depan kita,” kata Umar.

Selain Konjen Indonesia di Los Angeles, acara itu juga dihadiri oleh perwakilan dari Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Los Angeles.

Acara perayaan juga dimeriahkan dengan pertunjukan barongsai yang dibawakan oleh grup pertunjukan barongsai ICAA. Sepasang barongsai berwarna merah dan hitam menampilkan aksi nan atraktif langsung membuat para pengunjung berkerumun untuk melihat dari dekat - terutama anak-anak.

Perayaan ini juga dimeriahkan oleh bazaar. Bagi para pengunjung, event sekali setahun ini selalu dimanfaatkan untuk berburu kuliner Indonesia favorit mereka.

“Tidak sering ada beberapa vendor makanan Indonesia yang hadir dalam satu tempat seperti ini.” ujar seorang pengunjung yang tengah menanti nasi kuning pesanannya. “Lumayan, harganya miring dibanding hari biasa,” imbuh seorang pengunjung lainnya sambil memamerkan kardus bermerk salah satu mie instan ternama Indonesia yang tengah ia bawa.

Penjualan Ritel di China Naik 11,2% Selama Musim Libur Imlek

Di salah satu sudut lainnya, sebuah booth yang menjual pakaian batik juga tampak ramai oleh para pengunjung.

Sementara itu, KJRI Los Angeles juga tidak ketinggalan turut berpartisipasi dalam acara ini. Mengambil tempat di salah satu ruang serbaguna, KJRI Los Angeles membuka pos pelayanan masyarakat.

Puluhan orang tampak mengantri dengan tertib menanti pelayanan paspor dan kekonsuleran. Upaya ‘jemput bola’ ini rutin dilaksanakan oleh KJRI Los Angeles untuk memberi kemudahan kepada warga Indonesia yang ingin mengurus dokumen-dokumen mereka.

Bursa Asia Pasifik Masih Diselimuti Aura Imlek

Tidak hanya pada acara-acara seperti ini, tetapi juga mengunjungi sejumlah kota-kota di beberapa negara bagian yang menjadi wilayah tanggung jawabnya, ungkap Benny Kurnia Rahman, Konsul Muda Penerangan dan Diplomasi Publik
KJRI Los Angeles.


Ilustrasi festival Cap Go Meh

Ribuan Warga Rayakan Cap Go Meh di Glodok

Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dari perayaan Tahun Baru Imlek.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2016