India Luncurkan Kapal Selam Nuklir Pertama

INS Arihant, kapal selam nuklir pertama India.
Sumber :
  • www.tribuneindia.com

VIVA.co.id - India akhirnya berhasil membuat kapal selam sendiri. Tak tanggung-tanggung, negeri Bollywood itu berhasil menyelesaikan pembuatan kapal selam nuklir pertamanya bernama INS Arihant.

Belum Bayar Utang Rp30 Ribu, Suami Istri Dibunuh

Mengutip situs Sputniknews, Selasa, 23 Februari 2016, kapal selam ini telah lulus tes selama enam bulan.

"Kapal selam nuklir ini lulus semua tes, termasuk menyelam laut dalam dan menembak rudal. Kapal ini juga berhasil diuji dan siap untuk operasi," menurut seorang pejabat senior militer India.

Uji coba berlangsung dari Pelabuhan Visakhapatnam, Pantai Timur India. Arihant didampingi oleh kapal penyelamat Rusia, Epron. "Hasil ini telah melampaui harapan kami. Secara teknis kapal selam sekarang dapat ditugaskan setiap saat," ujarnya.

Dengan demikian, India resmi bergabung dengan China, Prancis, Amerika Serikat, Inggris, dan Rusia, dalam jajaran “klub elite” negara-negara yang memiliki kapal selam bertenaga nuklir.

Kapal selam Arihant diperkenalkan kepada publik pertama kali pada 26 Juli 2009. Meski “made in India”, kapal selam ini mirip dengan kapal selam Charlie-II Class dari Rusia, yang disewa oleh India dari Uni Soviet, antara 1988-1991.

Tak heran karena teknisi dan beberapa komponennya didatangkan dari Rusia. Arihant ditenagai oleh reaktor nuklir 85 megawatt (MW) atau setara 114 ribu horse power (HP), dilengkapi dengan rudal non-nuklir.

Warga India selfie bareng singa

Selfie di Depan Singa, Denda Rp3 Juta

Padahal sudah ada larangan. Tetap saja ada yang nekat.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016