China Tak Bernafsu Jadi 'Polisi Dunia'

Presiden AS, Barack Obama dan Presiden China, Xi Jinping melakukan pertemuan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Kementerian Luar Negeri China menegaskan bahwa pihaknya tidak berminat untuk mengambil "kepemimpinan dunia" dari Amerika Serikat. Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mengatakan kedua negara memang sedang mengalami pasang surut hubungan.

Terlebih, kata Wang, ekonomi dan militer China kini tengah booming. Meski begitu, tidak ada sedikit pun niatan negeri Tirai Bambu ini untuk menggeser, apalagi menggantikan posisi Paman Sam sebagai 'polisi dunia'.

"China tidak memiliki rencana untuk 'mencuri' kepemimpinan AS (di dunia). Ketegangan kedua negara lebih disebabkan kekhawatiran AS terhadap kebijakan politik kami. Kekhawatiran itu sangat berlebihan, dan saya ingin menekankan bahwa China bukan Amerika Serikat. Tidak akan pernah ada pengganti mereka (AS)," ungkap Wang, pada konferensi pers di Beijing, China, seperti dikutip situs Sputniknews, Selasa, 8 Maret 2016.

Ia menambahkan, kerja sama kedua negara telah membuat kemajuan besar di bawah kepemimpinan Presiden Barack Obama dan Presiden Xi Jinping.

Tebakan Beruang Putih 'Peramal' Soal Trump Benar

Pada akhir Februari, Wang Yi mengunjungi AS dan mengadakan pertemuan dengan Presiden Obama dan Menteri Luar Negeri John Kerry.

Selama pertemuan tersebut, Wang menyatakan kesediaan Beijing untuk menegakkan kerja sama dengan Washington mengenai isu-isu regional dan internasional terkini. (ren)

Gelombang Aksi Protes Terpilihnya Presiden AS Donald Trump.

Tanggapan Muslim di Afrika atas Menangnya Trump

Amerika Serikat sedang mengalami degradasi moral.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2016