Survei: Paus Fransiskus Tokoh Paling Populer

Paus Francis.
Sumber :
  • REUTERS/Andreas Solaro/Pool

VIVA.co.id – Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh WIN/Gallup International menempatkan Paus Fransiskus menjadi tokoh paling populer di dunia.

Saat Paus Dikasih Baju Astronaut Istimewa

Dari jajak pendapat tersebut, kelompok Katolik Roma dan Yahudi adalah yang paling banyak menjadikan Paus sebagai pilihan favorit. Bahkan, hampir setengah dari seluruh pemeluk Protestan, dan mayoritas penganut atheis dan agnostic juga menjadikan Paus tokoh favorit.

Seperti diberitakan oleh BBC, Kamis 24 Maret 2016, Paus menjadi pemimpin paling populer dan mengalahkan Presiden AS Barack Obama, Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Inggris David Cameron, dan Presiden Prancis Francois Hollande.

Paus Fransiskus Minta Umat Cintai Kitab Suci Seperti Ponsel

Jajak pendapat ini dilakukan oleh BBC dengan melibatkan 1.000 responden dari 64 negara. Caroline Wyatt dari bidang keagamaan BBC mengatakan, selama tiga tahun menjabat sebagai Paus, Fransiskus terus menunjukkan itikad yang baik dan mampu mengambil hati serta memikat bukan hanya pemeluk Katolik Roma, namun juga pemeluk agama lain, bahkan mereka yang tak beragama.

Paus menjadi pilihan favorit bagi pemeluk Katolik Roma, di mana 85 persen dari mereka mengaku menyukai pemikiran Paus Fransiskus. Sementara itu, orang-orang Yahudi, hanya 65 persen yang menyukai pemikirannya.

Kebanyakan Main Ponsel Bisa Picu Pertikaian

Angka terendah untuk Paus berada di Tunisia, Turki, dan Aljazair. Sementara itu, di Azerbaijan, responden mengatakan mereka tak tahu terlalu banyak tentang Paus.

Presiden WIN/Gallup International Jean-Marc Leger mengatakan, "Paus Fransiskus adalah pemimpin yang mampu mentransenden religiusitasnya. Penelitian kami menunjukkan, mayoritas responden, warga negara di seluruh dunia, dari berbagai keyakinan agama dan lintas wilayah, menyukai pemikiran religius Paus”.

Mobil Paus Fransiskus

Paus Fransiskus Punya Mobil Dinas Canggih, Berbahan Bakar Hidrogen

Paus Fransiskus mendapat hadiah mobil canggih Toyota Mirai.

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2020