RI-Kolombia Jalin Kerja Sama Melalui Budaya

Pertukaran cenderamata lukisan antara Indonesia dan Kolombia di Houston, AS
Sumber :
  • VIVA.co.id/KJRI Houston

VIVA.co.id – Dalam rangka meningkatkan kerja sama budaya kedua negara, Konsulat Jenderal RI dan Konsulat Jenderal Kolombia di Houston, Amerika Serikat, menggelar acara seni dan budaya yang bertemakan "Indonesia-Colombia Cultural Exchange: United Through Arts and Culture".

Karya Seni Ini Buat Anda Bisa Berjalan di Atas Air

Konjen RI di Houston, Henk Saroinsong, dalam sambutannya, menekankan arti penting kerja sama budaya dalam meningkatkan mutual understanding dan people to people contact kedua negara.

"Pertukaran budaya juga dapat dimanfaatkan sebagai alat diplomasi yang efektif dengan tujuan mempromosikan perdamaian dan kerja sama antarbangsa," kata Saroinsong, berdasarkan siaran pers yang diterima VIVA.co.id dari KJRI Houston, Minggu, 22 Mei 2016.

Di Negara Ini, Banyak Pohon Tua Berwajah Manusia

Sementara Konjen Kolombia di Houston, Miguel Rafael Lopez Mendez, menyampaikan bahwa kesamaan watak, geografi dan sejarah menginspirasi kolaborasi seni budaya antara negaranya dan Indonesia.

Acara utama diisi dengan live paintings oleh pelukis kontemporer Indonesia, Hanafi, yang berkolaborasi dengan pelukis kontemporer Kolombia, Nubia Gala. Diketahui, Gala yang pernah tinggal di Indonesia selama lima tahun terinspirasi dengan karya lukisan Hanafi yang beraliran abstrak.

Instalasi Seni dari Kalung Tanda Pengenal Tentara

Selain itu, pengunjung juga disuguhi dengan penampilan musik, tarian dan kuliner kedua negara. Masyarakat Indonesia mempersembahkan lagu Anjeun dan Tari Sekar Jagad dari Bali.

Sementara, Kolombia menampilkan tarian khasnya. Pada akhir acara, Hanafi mempersembahkan lukisannya kepada Lopez Mendez dan Gala, begitu pula sebaliknya.

Vas cantik seperti ombak laut

Aneka Keramik Cantik Ini Dibuat Mirip Ombak Lautan

Harga yang dibanderol berkisar Rp10-20 juta.

img_title
VIVA.co.id
3 September 2016