Presiden Mesir: Semua Skenario EgyptAir Sangat Terbuka

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi
Sumber :
  • REUTERS/The Egyptian Presidency/Handout via Reuters

VIVA.co.id – Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, mendesak media agar tidak berspekulasi soal penyebab jatuhnya EgyptAir. Menurutnya, saat ini semua skenario sangat terbuka.

Data Kotak Hitam EgyptAir Berhasil Diunduh

Saat menyampaikan pernyataannya, Minggu, 22 Mei 2016, Sisi mengatakan, penyelidikan soal penyebab jatuhnya Egypt Air bisa jadi akan memakan waktu lama, "namun tak ada seorang-pun yang bisa menyembunyikan fakta."

"Sampai saat ini semua skenario sangat mungkin. Jadi saya mohon, sangat penting bagi kami untuk tak membicarakan apapun bahwa ada skenario khusus dalam kasus ini," ujarnya seperti dikutip dari Reuters, 22 Mei 2015.

Kotak Hitam EgyptAir Berhasil Diperbaiki

Pernyataan Sisi disampaikan di tengah dugaan yang menguat bahwa EgyptAir jatuh akibat aksi terorisme. Seorang ahli intelijen Rusia dengan tegas mengatakan, kemungkinan terjadinya aksi terorisme atas jatuhnya pesawat EgyptAir pada Kamis, 18 Mei 2016 sangat kuat.

Namun, informasi itu tak segera diamini oleh Mesir dan Prancis yang terlibat dalam proses penyelidikan. Kedua negara selalu mengatakan, semua skenario masih terbuka, termasuk kemungkinan adanya aksi terorisme.

Kotak Hitam EgyptAir Selesai Diperbaiki

Hingga saat ini, juga belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat dengan 66 penumpang dan kru di atas Laut Mediterania tersebut.

Pesawat EgyptAir.

Puing Pesawat Ditemukan di Israel, Diduga Milik EgyptAir

Puing pesawat tersebut diserahkan ke pemerintah Mesir.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2016