Pelaku Penembakan Orlando Terinsiprasi Bom Boston

Tim penyelidik AS mencari barang bukti kasus bom teror di kota Boston, AS, pada 2013.
Sumber :
  • REUTERS/Adrees Latif

VIVA.co.id – Sebelum melakukan penyerangan di klub gay Orlando Amerika Serikat, kepolisian meyakini bahwa pelaku penembakan Omar Mir Seddique Mateen telah menyewa sebuah mobil dan melaju ke Orlando untuk melaksanakan aksinya.

Polisi AS akan Periksa Istri Penembak Brutal di Orlando

Dalam panggilannya kepada 911, Mateen mengatakan bahwa aksinya terinsiprasi atas serangan bom Boston Marathon, bersaudara Tamerlan dan Dzokhar Tsarnaev 2013 lalu.

Menurut situs BBC, Senin 13 Juni 2016, pihak berwenang juga meyakini bahwa Mateen telah secara khusus menargetkan klub gay tersebut sebagai sasaran.

Omar Mateen Sering Mengaku Didukung Kelompok Militan

Dalam serangkaian foto yang beredar di media sosial, Mateen terlihat mengenakan kaos bertuliskan New York Police Department (NYPD).

Namun, NYPD mengatakan Mateen bukan merupakan anggota NYPD dan kaos yang dikenakannya merupakan merchandise tidak resmi yang bisa dibeli di toko komersil.

Air Mata Bos Apple untuk Korban Penembakan Orlando

Diketahui pula bahwa tersangka telah mengajukan perubahan nama pada 2006, dari Omar Mir Seddique menjadi Omar Mir Seddique Mateen.

Selain itu, beredar kabar bahwa ayah Mateen, Seddique Matten, memiliki acara televisi yang berbasis California, yang mengekspresikan pandangannya terhadap pemerintah anti-Pakistan dan simpatinya terhadap kelompok Taliban di Afghanistan.

Walt Disney

Walt Disney Sumbang US$1 Juta untuk Korban Tembak di Orlando

Disney sejauh ini adalah satu-satunya penyumbang dana terbesar.

img_title
VIVA.co.id
16 Juni 2016