Kota Paling Ramah di Dunia Bagi Penyandang Disabilitas

Tanda penunjuk jalan dengan huruf Braille
Sumber :

VIVA.co.id – Tampaknya apa yang dilakukan pemerintah Sydney bisa dijadikan contoh wilayah lainnya. Kepedulian mereka kepada para penyandang disabilitas, sangat tinggi.

Pesta Brunch Ala Australia Segera Hadir di Jakarta

Sydney kini memiliki jaringan braille dan tanda tactile paling luas di seluruh dunia. Tanda-tanda penunjuk jalan ini digunakan untuk membantu para pejalan kaki yang memiliki gangguan penglihatan atau penyandang disabilitas.

Dilansir dari ABC, Senin 4 Juli 2016, lebih dari 2.100 tanda braille dan tanda huruf yang diperbesar, telah dipasang di penyeberangan pejalan kaki di wilayah kota Sydney. Dan telah resmi diluncurkan pada Senin, 4 Juli 2016 oleh Walikota Sydney, Lord Mayor Clover Moore, yang mengatakan,"jaringan tactile Sydney terluas di dunia."

Ford Tutup Pabrik di Australia

Panel aluminium penunjuk nama jalan dan nomor bangunan,  tidak hanya dicetak dalam huruf braille, tapi juga berukuran cukup besar dan lebar.

Tanda tersebut telah ditempatkan di dekat tombol tanda untuk melintas. Salah seorang disabilitas yang biasa menggunakan anjing sebagai pemandu, mengatakan bahwa tanda ini memberikan perbedaan besar bagi mereka yang buta atau tidak mampu melihat dengan baik.

Bayi di Bangladesh Lahir dengan Wajah Seperti Usia 80

"Tanda ini membantu orang yang terbatas penglihatannya, untuk bisa berjalan di kota dengan aman, mandiri dan percaya diri," ujarnya.

Ia kini mampu mengidentifikasi dimana ia berada saat ini tanpa harus berkonsentrasi pada metode orientasi, seperti menghitung jalan, membuat perjalanannya ke kota lebih menyenangkan.

"Tanda ini mudah ditemukan dan dibaca, baik kamu membaca braille atau huruf yang dicetak besar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya