Anak Pekerja Serabutan Ini Harumkan Nama Bangsa di Singapura

Dewi Suryana. Mahasiswi asal Indonesia yang berprestasi di Singapura.
Sumber :
  • Wardaya College

VIVA.co.id – Dewi Suryana adalah seorang siswi kurang mampu asal Pontianak. Namun ia berjasa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Mahasiswi Aceh yang Meninggal sebelum Wisuda Fasih Bahasa Jepang

Dewi kecil hidup dari seorang ayah yang menjadi pekerja elektronik serabutan. Tapi Dewi Suryana tidak patah arang untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi. Semangat dan ketekunannya membuahkan dua medali perak Olimpiade Kimia Internasional di kompetisi IJSO 2009 dan ICho 2012.

Berbekal prestasi tersebut, ia mencoba mendaftar kuliah di National University of Singapore (NUS). Namun ia gagal lantaran kemampuan Bahasa Inggrisnya di bawah standar yang ditetapkan pihak NUS.

Mahasiswa, Jangan Kuliah Cuma untuk Mengejar Nilai Akademis

Namun pada 2013, dengan difasilitasi oleh Wardaya College, ia berhasil menemui seorang professor NTU dan menceritakan prestasi dan kisah hidup Dewi. Prestasinya di Olimpiade menggugah pihak NTU untuk memberi kesempatan baginya dan diberikan beasiswa penuh.

Seperti diberitakan oleh Wardaya College melalui rilis yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 21 September 20116, tahun ini Dewi lulus kuliah.  Ia meraih predikat lulusan tercepat tiga tahun dengan predikat First-class Honours di Nanyang Technological University.  Melalui ketekunannya, Dewi sukses mengharumkan nama Indonesia.

Di Balik Mewahnya Mahasiswa yang Hidup di Luar Negeri

Ia mengatakan, bahwa kerja keras adalah kuncinya meraih kesuksesan. "Bagi yang tidak seberuntung orang lain, baik dari segi finansial atau latar belakang, fokuslah pada kelebihanmu. Tidak ada impian yang mustahil, percaya dan kerja keras adalah kunci kesuksesan," ujar Dewi.

(mus)

Kampus Universitas Islam Indonesia (UII)

Ibrahim Malik Gugat UII karena Gelar Mahasiswa Berprestasinya Dicabut

Pencabutan itu diduga terkait isu pelecehan seksual.

img_title
VIVA.co.id
28 September 2020