Denmark Dukung Pelestarian 'Jantung Sumatera'

Hutan di Indonesia.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, dan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Casper Klynge, menyepakati pendanaan sebesar Rp40 miliar untuk melindungi Hutan Harapan di Provinsi Jambi.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Hutan Harapan memiliki luas sekitar 100 ribu hektar, yang tersebar dari Sumatera Selatan hingga Jambi, dan memiliki tingkat keanekaragaman hayati sangat tinggi.

Hutan ini merupakan ikon hutan hujan dan rumah bagi hewan yang terancam punah seperti harimau dan gajah Sumatera serta spesies burung langka.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

"Hutan Harapan adalah hutan ajaib di jantung Sumatera. Namun, berbagai gangguan dapat mengancam mata pencaharian masyarakat yang mendiami hutan serta keanekaragaman hayati. Tujuan kami adalah membuat hutan lestari dan membantu menyelamatkan hutan lainnya di Indonesia," kata Dubes Klynge, melalui keterangan pers, Selasa, 27 September 2016.

Menurutnya, Hutan Harapan menyimpan 10 juta ton karbon dan memiliki kemampuan untuk menyerap tambahan lima juta ton sebelum 2030.

Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini

"Dengan komitmen kuat antara pemerintah pusat dan daerah, saya yakin bahwa kita dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dari Hutan Harapan," ujar Klynge.

Hutan Harapan adalah Ecosystem Restoration Concession (ERC) pertama di Indonesia yang sebelumnya dilindungi dalam rangka untuk mengurangi emisi karbondioksida (CO2) dan membantu Indonesia memenuhi komitmen internasional.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya