Trump Menang, Putin Siap Perbaiki Hubungan dengan Amerika

Donald Trump saat menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden ke 45 Amerika.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA.co.id – Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengucapkan selamat atas terpilihnya Donald Trump, dalam kemenangannya sebagai Presiden Amerika Serikat. Ucapan ini disampaikan Putin melalui telegram.

Perkembangan Perang Ukraina-Rusia, Perundingan Damai Berlangsung Panas

"Putin menyatakan harapan untuk bekerja sama dan memulihkan hubungan Rusia-Amerika yang selama ini dilanda krisis. Rusia juga berharap dapat menekan isu-isu internasional dan mengupayakan penanganan efektif terhadap tantangan keamanan global," tulis pihak Kremlin melalui pernyataan pers, yang dilansir Reuters, Rabu 9 November 2016.

Selain itu, Putin menyatakan keyakinannya bahwa dialog konstruktif antara Moskow dan Washington untuk kepentingan kedua negara dapat terjalin dengan baik.

Kabur dari Perang, Tentara Rusia Bakal Dibunuh Pasukan Khusus Putin

Dalam pernyataan sebelumnya, Juru Bicara Putin, Dmitry Peskov mengatakan bahwa Rusia siap bekerja sama dengan Amerika, setelah pemilihan presiden usai. Dia mengatakan, hubungan kedua negara dapat dipulihkan jika Washington bersedia.

Hubungan antara Amerika dan Rusia dalam beberapa waktu terakhir tengah berada di titik terendah, terkait dukungan Moskow untuk pemerintahan Bashar al-Assad dan pemboman yang kerap terjadi di Suriah.

Presiden Putin Beri Lampu Hijau ke Sukarelawan yang Ingin Bertempur
Vladimir Putin, Xi Jinping, dan Joe Biden.

Sumber AS Sebut China Bakal Bantu Militer Rusia dalam Perang Ukraina

Seorang pejabat AS mengungkapkan, pihaknya mendapat informasi China telah menyatakan kesediaan untuk memberikan bantuan militer dan keuangan kepada Rusia.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022