Negara Ini Punya Tradisi Menyeramkan di Malam Natal

Bertik, sosok menakutkan di malam Natal
Sumber :
  • The Mirror

VIVA.co.id – Malam Natal adalah waktu yang paling dinanti-nanti anak-anak. Mereka menunggu kedatangan sinterklas dengan kereta kuda membawakan banyak kado. Namun di beberapa negara punya tradisi Natal yang menakutkan bagi anak-anak.

Tradisi dan Mitos di indonesia Saat Momen Gerhana Bulan

Salah satunya di Republik Ceko. Sebab, justru sosok ‘iblis’ bertanduk, bertaring dan membawa tongkat yang mendatangi mereka. Kedatangan iblis ini untuk menghukum anak-anak yang nakal selama setahun belakangan.

Dilansir Mirror, Sabtu, 24 Desember 2016, iblis bertanduk ini membawa tongkat ini dijuluki Bertik. Meski iblis ini bukan sosok yang sebenarnya, kebanyakan anak pun berhasil ditakuti. Anak-anak yang ketakutan sembunyi di kolong tempat tidur atau pergi kepada orang tua sembari menangis.

Apa Itu Tedak Siten, Ritual Atta-Aurel untuk Ameena

Lucunya, ketika Bertik beraksi, dia akan memaksa anak-anak menghibur dengan menari atau menyanyikan lagu. Tentu saja itu tak akan dilakukan anak-anak, melihat Bertik saja mereka lari terbirit-birit.

Makhluk mitos ini lahir dalam cerita rakyat di Austria dan bahkan memiliki parade sendiri di negara-negara seperti Jerman, Kroasia dan Slovenia. (ase)

Ngeri! 5 Tradisi Suku Pedalaman Papua Nugini Ekstrem
Padusan Boyolali

8 Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Indonesia: Dari Nyorog Sampai Megibung

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini, ada beberapa tradisi unik di Indonesia yang berbeda-beda. Namun, memiliki tujuan yang sama sebagai bentuk rasa syukur.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024