Kebakaran Hutan di California

Terminator Siapkan Bayam Bagi Petugas Pemadam

VIVAnews - Pusing dengan dana pemerintah yang sangat minim dalam memerangi ganasnya kebakaran hutan belum membuat Arnold Schwarzenegger goyah. Mantan aktor Hollywood yang kini menjadi Gubernur negara bagian California, Amerika Serikat, justru tetap memberi semangat kepada para pemadam kebakaran.

Saat mengunjungi pos darurat pemadam kebakaran di Lake View Terrace, Los Angeles, Rabu 2 September 2009, Schwarzenegger tak segan-segan menjadi pelayan bagi para petugas. Dia menyajikan sarapan untuk para anggota tim pemadam yang siap kembali berjuang memadamkan kobaran api.

"Saya sangat bangga memiliki pemadam kebakaran terbaik dan paling berani di dunia," kata Schwarzenegger seperti dikutip laman stasiun televisi ABC News.

Schwarzenegger pun menyiapkan hidangan khusus kepada para petugas pemadam. "Berikan mereka banyak-banyak bayam dan protein sehingga mereka semua punya tenaga untuk berjuang memadamkan api," kata gubernur yang dulu terkenal sebagai aktor jagoan di film serial "Terminator."

Sementara itu,  penduduk di sejumlah kota di California  mulai kembali ke kediaman mereka. Petugas pemadam kebakaran sudah bisa menjinakkan api berkat temperatur udara yang lebih rendah dan udara lembab.

Seperti dikutip dari laman harian The New York Times, otoritas setempat memperingatkan bahwa sisa api masih berbahaya dan belum terkontrol sepenuhnya. Namun, petugas pemadam kebakaran cukup yakin untuk mencabut perintah evakuasi di wilayah La Crescenta, La Canada-Flintridge, dan Altadena.

Namun, titik-titik kebakaran masih menyala dan warga yang tinggal di komunitas di penggiran Hutan Nasional Angeles National Forest diinstruksikan untuk mengungsi bila api menuju ke wilayah mereka.

Schwarzenegger mengatakan, beberapa kebakaran hebat di Hutan Nasional Angeles, 22 persen sudah tertangani. Sejauh ini, kebakaran sudah melahap 140.000 hektar dan menghancurkan 92 bangunan.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024