Insiden Penangkapan Aparat Tak Ganggu Hubungan RI-Sudan

Tentara Sudan sedang berpatroli.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Pemerintah Sudan menegaskan, bahwa insiden dugaan penyelundupan senjata yang dituduhkan kepada pasukan perdamaian Indonesia di Darfur tidak akan merusak hubungan antara kedua negara.

Viral, Rudal Israel Hantam Markas Pasukan UNIFIL TNI di Lebanon, Mabes TNI Angkat Bicara

Sudan pun memuji peran Indonesia selama ini. Pernyataan ini diungkapkan usai pertemuan antara Under Secretary Kementerian Luar Negeri Sudan, Abd Al Gani Al-Naeem dengan Duta Besar Indonesia untuk Sudan dan Eritrea, Burhanuddin Badruzzman. Ia mengatakan, bahwa peran Indonesia dalam menjaga perdamaian di Darfur sangat baik.

"Peran Indonesia dalam perdamaian melalui partisipasi dalam misi UNAMID sangat baik. Hubungan kedua negara juga telah berakar sejak lama. Unit Kepolisian Indonesia yang tergabung dalam misi ini sejak 2007 juga memiliki reputasi yang baik," kata Al-Naeem, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 26 Januari 2017.

DPR: Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon Perlu Didukung Peningkatan Alutsista

Selain itu, Al Naeem juga menyambut delegasi Indonesia yang datang ke Sudan untuk melakukan penyelidikan terkait dugaan penyelundupan senjata di koper beberapa anggota satuan polisi yang akan pulang ke Indonesia.

"Kami menegaskan bahwa insiden ini tidak akan mempengaruhi hubungan persaudaraan antara kedua negara dan tidak akan mempengaruhi kerja dari misi Indonesia di UNAMID," ujarnya menambahkan.

DPR Minta Jokowi dan Prabowo ‘Tengokin’ Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon

Berdasarkan informasi dari pemerintah Darfur Utara, yang dilansir laman Sudanese Media Centre, senjata dan amunisi yang diselundupkan antara lain meliputi 29 pucuk senapan serbu Kalashnikov, 6 senjata GM3, 61 jenis pistol berbeda, serta sejumlah besar amunisi. (mus)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (dua kiri) menjawab pertanyaan wartawan selepas acara penerimaan 22 mahasiswa Palestina penerima beasiswa Pemerintah RI di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Rabu, 8 November 2023.

Indonesia Tegas Dukung Kemerdekaan Palestina: Prabowo: Kita Siap Kirim Pasukan Perdamaian

Calon presiden dari nomor urut 2 (Capres), Prabowo Subianto memastikan Indonesia akan terus konsisten membela kemerdekaan rakyat Palestina.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024