Indonesia Ratifikasi Batas Wilayah Laut dengan Singapura

Menlu Retno Marsudi dan Menlu Singapura Vivian Balakhrisnan.
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA.co.id –  Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan di Singapura. Melalui keterangan tertulisnya, Retno mengatakan bahwa keberadaannya di Singapura selain meluncurkan rangkaian kegiatan perayaan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Singapura, juga melakukan ratifikasi untuk perjanjian kedua negara.

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

"Ratifikasi perjanjian ini mengenai penetapan garis batas laut wilayah kedua negara di bagian timur selat Singapura," kata Retno dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Jumat 10 Januari 2017. "Dengan dilakukannya penukaran instrumen ratifikasi tersebut, Indonesia dan Singapura kini hanya menyisakan sebagian kecil perbatasan maritim yang belum diselesaikan oleh kedua negara," ujarnya.

Dalam pertemuan, kedua Menlu sependapat bahwa hubungan bilateral Indonesia dan Singapura kini dalam keadaan yang sangat baik. Hal ini tidak saja dapat dilihat dari intensifnya hubungan ekonomi, namun juga adanya komunikasi yang baik antara kedua negara.

Menlu Retno Sebut Indonesia Ingin Afghanistan Jadi Negara Damai

"Hubungan baik kedua negara bukan berarti tidak ada tantangan dalam hubungan tersebut, namun karena adanya komunikasi yang baik sehingga berbagai tantangan dan masalah dapat diselesaikan dengan baik secara terbuka," tutur mantan Duta Besar RI untuk Belanda ini.

Sementara itu, Sebagai utusan khusus Presiden RI untuk IORA, Menlu Retno juga telah  melakukan Kunjungan Kehormatan kepada PM Singapura, Y.M. Lee Hsien Loong, untuk menyampaikan undangan Presiden RI kepada PM Singapura untuk menghadiri KTT IORA pada 7 Maret 2017 yang akan datang. (ren)

Alasan Evakuasi WNI di Afghanistan Pakai Pesawat TNI AU
Menlu Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan sambutan di Kongres Indonesianis

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Apresiasi disampaikan Menlu Retno dalam acara peluncuran ASPINA Belanda yang berlangsung secara fisik dan daring dari KBRI Den Haag pada Kamis kemarin. Lalu?

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022