Trump Tunjuk Penasehat Keamanan AS yang Anti-Rusia

Herbert Raymond McMaster dan Donald John Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat Donald John Trump resmi mengangkat Letnan Jenderal Herbert Raymond McMaster sebagai penasihat keamanan nasional yang baru.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Ia menggantikan Michael Flynn yang mengundurkan diri 14 Februari lalu, karena disebutkan memberi laporan yang menyesatkan soal sanksi AS terhadap Rusia.

Mengutip situs Reuters, Selasa, 21 Februari 2017, McMaster merupakan seorang perwira militer yang dikenal sebagai tokoh yang berani bicara apa adanya dan cenderung menantang atasan. Meski begitu, ia ahli taktik militer yang sangat dihormati serta pemikir yang strategis.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

"Dia sangat dihormati oleh semua orang di kalangan militer. Kami juga sangat terhormat memilihnya. Dia orang yang memiliki pengalaman luar biasa," kata Trump. Namun, ada satu pandangan yang membedakan antara McMaster dan Trump.

McMaster seorang yang anti-Rusia. Dalam pandangannya, negeri Beruang Putih itu merupakan ancaman nyata bagi keamanan Amerika Serikat. Sedangkan, Flynn, penasehat keamanan nasional terdahulu, justru memandang Rusia sebagai mitra geopolitik yang potensial.

Amerika Serikat Batasi Visa bagi Pejabat China

Penasihat keamanan nasional adalah seorang pembantu independen untuk presiden dan tidak memerlukan konfirmasi oleh Senat AS.

Ia memiliki pengaruh yang luas atas kebijakan luar negeri dan menghadiri pertemuan Dewan Keamanan Nasional bersama dengan Departemen Luar Negeri, Departemen Pertahanan dan badan-badan keamanan lainnya seperti FBI dan CIA.

Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020