Para Pemimpin KTT IORA Tandatangani 'Kesepakatan Jakarta'

Indonesia baru saja sukses menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Pesisir Kawasan Samudera Hindia di Jakarta pekan lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/IORA SUMMIT 2017/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Pemimpin dari 21 negara Kelompok Negara-negara Pesisir Samudera Hindia (Indian Ocean Rim Association/IORA) menandatangani “Jakarta Concord.” Dokumen berisi komitmen setiap negara anggota untuk mempromosikan dan meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

Anggunnya Gaya 5 Istri Kepala Negara Peserta KTT IORA

Demikian hasil utama dari Konferensi Tingkat Tinggi IORA yang berlangsung di Jakarta hari ini. Kerja sama itu, di antaranya, menjaga keselamatan dan keamanan maritim, perdagangan dan investasi, mempromosikan manajemen perikanan yang berkelanjutan, serta meningkatkan manajemen risiko bencana.

Di samping itu, para kepala negara dan pemerintahan ini juga berkomitmen dalam penguatan akademik, ilmu pengetahuan dan teknologi, mendorong pariwisata dan pertukaran budaya.

KTT IORA Momentum Dongkrak Ekspor RI

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengakui bahwa penguatan kawasan Samudera Hindia merupakan hal penting karena menjadi salah satu poros kunci dalam perhelatan dunia.

"Kami percaya bahwa Samudera Hindia berada di ambang pintu menuju keperkasaan dan perkembangan masyarakat yang besar," katanya, di Jakarta Convention Center, Selasa, 7 Maret 2017.

Berharap pada Jakarta Concord

Para negara anggota IORA ini juga sepakat mengakui bahwa, saat menjadi Ketua IORA, Indonesia merupakan negara yang memiliki kepemimpinan dan berinisiatif untuk menggelar KTT IORA untuk kali pertama, sekaligus merayakan ke-20 tahun berdirinya organisasi yang berbasis di Mauritius tersebut. (ren)

21 Negara hadiri peresmina KTT IORA 2017 di JCC, Jakarta.

RI Punya Banyak Produk Menarik untuk Pasar IORA

Negara-negara IORA bisa dorong peningkatan perdagangan RI.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2017