Australia Puji RI Hasilkan 'Kesepakatan Jakarta' di KTT IORA

Delegasi IORA 2017 Tandatangani Jakarta Concord
Sumber :
  • ANTARA FOTO/IORA SUMMIT 2017/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, menyambut baik terobosan yang dilakukan Presiden Joko Widodo terkait pengesahan “Jakarta Concord.” Dokumen ini dinilai mampu meneguhkan komitmen bersama Kelompok Negara-negara Pesisir Samudera Hindia (Indian Ocean Rim Association/IORA) untuk membangun keamanan dan stabilitas di kawasan.

Anggunnya Gaya 5 Istri Kepala Negara Peserta KTT IORA

"Kesepakatan Jakarta (Jakarta Concord) mencerminkan nilai kita bersama dan mencakup komitmen terhadap kawasan. Tentunya, hal ini berjalan sesuai dengan ketentuan hukum internasional yang berimbas pada kestabilan Samudera Hindia," kata Turnbull hari ini di Jakarta Convention Center, yang menjadi lokasi Konferensi Tingkat Tinggi IORA.

Selain itu, Afrika Selatan akan melanjutkan estafet kepemimpinan IORA dari tangan Indonesia, sebagai ketua untuk periode 2017-2019. Terkait hal ini, Turnbull meyakini bahwa kepemimpinan Afrika Selatan akan mendorong visi dan misi sesuai dengan apa yang dimulai Indonesia.

KTT IORA Momentum Dongkrak Ekspor RI

"Sebagaimana kita tahu bahwa arti penting Samudera Hindia semakin meningkat. Kita juga harus menyadari tantangan yang ada di kawasan ini, khususnya melawan terorisme dan ekstremisme, yang tentunya, menjadi perhatian kita bersama," ungkap Turnbull.

Sebagai anggota IORA, Australia turut mendorong implementasi kerja sama organisasi yang terdiri dari 21 negara anggota ini dalam beberapa fokus, yakni pemberdayaan wanita, ekonomi berbasis maritim (blue economy), serta memastikan sumberdaya bahari di Samudera Hindia bisa dikelola secara berkelanjutan.

Berharap pada Jakarta Concord

"Kami sangat menantikan kepemimpinan Afrika Selatan dalam IORA. Kami tentu berkomitmen untuk bekerjasama dengan setiap negara anggota dalam menciptakan kawasan yang aman, damai dan sejahtera," kata Turnbull, menegaskan. (ren)

21 Negara hadiri peresmina KTT IORA 2017 di JCC, Jakarta.

RI Punya Banyak Produk Menarik untuk Pasar IORA

Negara-negara IORA bisa dorong peningkatan perdagangan RI.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2017