Nomor Telepon 3 Mantan PM Australia Tersebar di Internet

Mantan PM Australia, Julia Gillard.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Nomor telepon pribadi tiga mantan Perdana Menteri Australia secara tidak sengaja terpublikasi di internet. Ketiganya adalah Paul Keating, John Howard dan Julia Gillard.

Gagah Umumkan Aliansi dengan Inggris-Australia, Joe Biden Lupa Nama PM

Menurut laman BBC, Senin 20 Maret 2017, nomor telepon sebagian besar politisi Negeri Kanguru ini terpublikasi secara tak sengaja di dunia maya. Terpajang di situs pemerintah Australia selama lebih dari tiga bulan.

Awalnya, nomor-nomor tersebut terlihat tak kasat mata, sampai akhirnya seseorang menyorotinya dengan kursor untuk kemudian disalin atau disisipkan di tempat lain.

PM Australia Menahan Tangis soal Kasus Pemerkosaan Staf Parlemen

Tak hanya tiga mantan PM, sebuah sumber mengatakan kesalahan fatal ini juga "menampar" Pemimpin Oposisi Australia, Bill Shorten. Sedangkan PM Australia, Malcolm Turnbull, dan beberapa anggota kabinet dan parlemen tidak menjadi korban.

Meski demikian, informasi tentang nomor-nomor telepon pejabat ini telah dihapus dari situs Departemen Layanan Parlemen (Department of Parliamentary Services).

Cicit PM Australia Pertama Setuju Patung Kakek Moyangnya Ditumbangkan

Dalam sebuah pernyataan resminya, pihak DPS menyebut nomor-nomor itu disertakan pada laporan yang dikirim dari ponsel mereka ke pusat pengelolaan data. Laporan ini dibuat oleh kontraktor swasta Telco Management.

"Dalam laporan terbaru yang disediakan oleh kontraktor, ada kemungkinan publik dapat melihat nomor ponsel resmi para pejabat negara. Meskipun nomor telepon ini telah disembunyikan. Kami sudah menghapus semua dokumen tersebut," bunyi keterangan resmi DPS.

Mereka juga meminta Telco Management untuk menyelidiki penyebab 'bocornya' nomor-nomor pribadi para pejabat maupun mantan pejabat ini.

Hingga kini, belum ada laporan mengenai jumlah anggota yang terkena dampak. Sementara itu, Telco Management belum bisa berkomentar terkait insiden ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya