Indonesia dan Prancis Mau Bangun 'Jembatan Cinta' di Bali

Jembatan gembok cinta di Paris
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Dalam lawatannya ke Indonesia, Presiden Prancis, Francois Hollande, menekankan kerja sama di bidang ekonomi kreatif dan promosi industri kebudayaan di era digital. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dalam tiga aspek.

Kapal Induk Prancis Merapat di Tanjung Priok

Pertama, di bidang perfilman antara Pusat Perfilman Prancis (CNC) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Kedua, persetujuan antara Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Festival Film Romantis Cabourg, dan ketiga adalah perjanjian kemitraan antara inkubator start-up Prancis Gaite Lyrique dan Indonesia Kreavi. 

"Kita bermaksud supaya kunjungan ini memberi penekanan kebudayaan. Apa saja yang bisa menggabungkan kedua negara kita. Di mana peradaban kita masing-masing dapat disatukan. Ternyata selama 30 tahun tidak ada presiden Prancis datang ke sini, karena itu harus melakukan yang istimewa untuk mengisi keabsenan kami," kata Presiden Hollande dalam acara “Creative Economy and Cultural Industries in a Digital World” di Hotel Harris Vertu, Jakarta Pusat, Rabu 29 Maret 2017.

RI dan Prancis Lanjutkan Kerja Sama Mitigasi Bencana Geologi

Menariknya, pada perjanjian kedua, Prancis dan Indonesia sepakat membangun Lovewalk atau jembatan cinta, yang berisi pesan cinta dan perdamaian di Nusa Dua, Bali. Jembatan ini akan meniru seperti yang berada di Cabourg, Prancis. Lovewalk akan siap dipakai untuk edisi perdana Festival Film Asia Pasifik, November 2017 mendatang.

"Bali terutama Nusa Dua dikenal dunia sebagai tempat romantis dan damai, ini juga simbol cinta dan harmoni. Sehingga banyak orang datang ke Bali, Nusa Dua untuk menyelenggarakan pernikahan. Jadi Nusa Dua dinilai sebagai tempat cinta. Jadi kami ingin mereplikasi di Bali (Festival Film Romantis Cabourg). Karena itu kami mengundang Suzie Pietri menyelenggarakannya di Bali. Kami juga ingin memiliki jalan cinta di Nusa Dua," kata Direktur Utama ITDC, Abdulbar M.Mansur. 

Prancis dan Indonesia Fokus Kerja Sama 4 Bidang

Sementara itu, perwakilan dari Festival Film Romantis Cabourg, Suzie Pietri, menyatakan jembatan cinta akan terealisasi pada November 2017 mendatang. "Jalan cinta ini adalah salah satu jalan yang romantis, kami akan mengembangkan jalan cinta ini dalam berbagai bahasa, dan saya dengan bangga mengatakan akan terealisasi November nanti. Ini bukti Prancis negara cinta, negara romantis, begitu pun Indonesia," kata Suzie. (ren)
 

Kapal induk milik Prancis, BPC Dixmude

Canggihnya Kapal Induk Prancis Dixmude, Bikin Gentar Musuh

Terlibat dalam Multilateral Naval Exercise Komodo 2018.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2018