Wapres AS Ucapkan Selamat Hari Kartini

Mike Pence, Wakil Presiden Amerika Serikat.
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVA.co.id – Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence secara khusus menyampaikan ucapan selamat Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April. Menurutnya, Kartini adalah teladan yang sangat baik tidak hanya bagi Indonesia, tetapi juga bagi dunia.

Ini Alasan Megawati Usung Ganjar Capres PDIP Tepat di Hari Kartini

"Suatu kehormatan bagi saya hari ini berada di Indonesia dalam perayaan Hari Kartini. Saya sangat senang melihat komitmen Indonesia yang fokus untuk memberdayakan perempuan," kata Pence di Hotel Shangrila, Jakarta, Jumat, 21 April 2017.

Ia juga mengatakan upaya Indonesia untuk memberdayakan perempuan dalam berbagai bidang, baik itu di pendidikan, pemerintahan, maupun kesempatan untuk menyuarakan pendapat sangat positif bagi kontribusi pembangunan di Indonesia.

Ciptakan Dunia Kerja yang Inklusif Bagi Para Srikandi DJKI

Dalam kesempatan tersebut, Pence secara khusus memberikan apresiasinya kepada Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, mantan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, dan Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia Shinta Kamdani, sebagai contoh perempuan Indonesia yang berperan aktif.

Pence berharap, peranan wanita di Indonesia yang tercermin melalui peringatan Hari Kartini, dapat juga memberikan dampak kepada dunia secara luas.

Agar Mudah Gapai Impian, Perempuan Wajib Miliki 3 Hal Ini

Selain itu, ia menginginkan agar peranan wanita dapat memberikan kesuksesan. Sebelumnya, Wakil Presiden ke-48 ini menyinggung soal perdagangan dengan Indonesia dalam pembicaraan khusus dengan Presiden Joko Widodo.

Pembicaraan tersebut terutama terkait dengan hambatan-hambatan eksportir AS ke Indonesia. Presiden Donald Trump pernah menyebut Indonesia curang karena sering kali tidak menggunakan AS sebagai mitra impor komiditas tertentu.

Trump menganggap tindakan curang Indonesia dan 15 negara lain sebagai penyebab defisit perdagangan AS yang begitu besar, mencapai US$50 miliar. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya