Saingi AS, Rusia Bangun Kapal Induk Terbesar di Dunia

Kapal Induk Admiral Kuznetzov milik Rusia/llustrasi.
Sumber :
  • REUTERS/Yuri Maltsev

VIVA.co.id – Rusia berencana membangun kapal induk terbesar di dunia untuk memperkuat pertahanan dan bersaing dengan kapal kelas Nimitz milik Amerika Serikat.

Servis Nyaris Selesai, Kapal Induk Terbesar Militer Rusia Segera Beroperasi

Diberitakan Independent, Rabu 26 April 2017, kapal induk tersebut dirancang mampu membawa hingga 90 pesawat tempur dan akan menelan biaya pembuatan hingga US$17,5 miliar atau dengan setara Rp232 triliun.

Dikenal sebagai Project 23E000E, kapal induk tersebut diperkirakan siap digunakan pada tahun 2030. Namun, apakah kapal tersebut benar-benar akan menjadi kapal terbesar di dunia seperti yang diklaim Rusia, hingga kini masih menjadi pertentangan.

Sehari, Rusia Kehilangan 8 Tank dan 22 Kendaraan Lapis Baja

Spesifikasi kapal diperkirakan mirip dengan kapal Nimitz Amerika. Sementara seorang pakar mengatakan bahwa kapal tersebut akan didasarkan pada desain kapal induk AS, USS Gerald R. Ford.

Dari sisi model kapal, dek kapal induk baru tersebut diperkirakan setara dengan ukuran tiga lapangan sepak bola, dan bisa menampung 4.000 awak kapal.

Kapal Induk Semata Wayang Rusia Terbakar di Dok Kering

Saat ini, Rusia mengandalkan operator Admiral Kuznetsov yang diluncurkan pada tahun 1985. Namun, kemampuannya relatif lebih rendah dibandingkan dengan kapal Shtorm. Kapal itu juga hanya bisa mengangkut 30 pesawat. Sementara kapal yang baru dibangun ini akan bertenaga nuklir.

Saking besarnya, kapal tersebut kabarnya akan memiliki kode pos tersendiri.

VIVA Militer: Jet tempur Sukhoi Su-33 militer Rusia jatuh di Laut Mediterani

Gagal Mendarat di Kapal Induk, Jet Tempur Rusia Nyemplung ke Laut

Insiden memalukan ini baru terbongkar.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2023