Semenanjung Korea Memanas, Belum Ada Rencana Evakuasi WNI

Kapal induk AS USS Carl Vinson.
Sumber :
  • REUTERS/Cho Jung-Ho

VIVA.co.id – Ketegangan yang terus meningkat di kawasan Semenanjung Korea, membuat beberapa negara berencana untuk mengevakuasi warga negaranya dari Korea Selatan. Salah satunya Indonesia.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir, Amerika Serikat, sebagai salah satu negara yang mengecam tindakan agresif Korea Utara, dikabarkan mengirimkan kapal induk USS Carl Vinson ke perairan Korea.

Hal ini untuk menanggapi meningkatnya kekhawatiran akan uji coba nuklir dan rudal negeri Kim Jong-un itu.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir mengatakan, saat ini ada sekitar 38 ribu di Korea Selatan dan sekitar 40 warga Indonesia di Korea Utara. Namun, belum ada rencana dari pemerintah Indonesia untuk melakukan evakuasi warganya.

"Indonesia mendorong semua pihak untuk mengurangi ketegangan dan menempuh jalur diplomasi untuk menyelesaikan masalah di sana. Kita tidak ingin situasi semakin runcing," ujar Arrmanatha di Jakarta, Kamis 27 April 2017.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat, setelah tindakan sepihak Pyongyang atas uji coba nuklirnya. Lantaran terus-terusan disudutkan, Korea Utara mengancam akan menenggelamkan kapal induk USS Carl Vinson.

Langkah ini dianggap sebagai cara bagi Korea Utara, untuk menunjukkan kekuatan militernya dalam ketegangan yang meningkat belakangan ini. (asp)

Garuda Indonesia angkut WNI yang dievakuasi dari Ukraina

Kemlu: 120 WNI di Ukraina Dipulangkan ke RI, 32 Orang Pilih Menetap

Pemerintah Indonesia masih terus berusaha untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Ukraina.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022