Delapan Nelayan Indonesia Ditangkap di Australia

Penangkapan nelayan di Indonesia
Sumber :
  • Oianews

VIVA.co.id – Delapan nelayan Indonesia ditangkap pihak berwenang Australia pada Kamis 27 April 2017. Semuanya ditangkap di perairan Australia dengan barang bukti siput laut.

Dukung Target Produksi KKP, Produsen Seafood Aruna Siap Perluas Pasar hingga Varian Produk

Dilansir Oianews, kini kedelapan nelayan yang ditangkap oleh kesatuan dari Maritime Border Command (MBC) di wilayah perairan Timor Sea ini dibawa ke tahanan imigrasi di Darwin.

Dari keterangan yang diberikan pihak MBC, setelah delapan nelayan ditangkap dan barang bukti dipindahkan, perahu sengaja diledakkan di tempat. "Perahu sudah tidak layak dan tidak bisa ditarik ke pantai," tulis pernyataan MBC.

Somalia: dari Nelayan Menjadi Bajak Laut, Kisah Pilu di Lautan Anarki

Saat ini, kedelapan nelayan asal Indonesia ini tengah menjalani pemeriksaan lebih lanjut yang dilakukan oleh Australian Fisheries Management Authority (AFMA). Kedelapan nelayan ini dianggap melanggar undang-undang tentang penangkapan ilegal.

"Melindungi kekayaan keanekaragaman hayati di perairan Australia menjadi prioritas kami terutama di wilayah perbatasan," kata Inspektur Ray Graham.

Begini Detik-detik Nelayan Gondol Hiasan Emas di Kubah Masjid Buru Maluku

Menurut General Manager AFMA, Peter Venslovas, ini menjadi pertama kali dalam satu dekade pihaknya berhasil menggagalkan penangkapan siput laut di wilayah perairan Australia.

"Ini menjadi sebuah pesan bagi siapa pun yang mengambil keuntungan di daerah perairan Australia. Jika Anda berniat melakukan hal yang sama pasti akan tertangkap," kata Peter.

Namun, hingga berita ini diturunkan, pihak Kementerian Luar Negeri RI belum bisa dikonfirmasi mengenai hal ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya