Foto Gadis Pramuka Lawan Demonstran Neo Nazi Jadi Viral

Foto Lucie berhadapan dengan demonstran kelompok Neo Nazi yang menjadi viral
Sumber :
  • BBC/VLADIMIR CICMANEC

VIVA.co.id – Foto gadis remaja Ceko berseragam Pramuka yang berani menentang demonstrasi kelompok Neo Nazi, viral dan menjadi sorotan publik. Lucie Myslikova, gadis berusia 16 tahun berhadap-hadapan dengan pria plontos dengan pakaian ala gengster yang turut dalam unjuk rasa pada May Day beberapa hari lalu di Cekoslowakia.

Omicron Seperti Lambang Nazi, Cek Faktanya

Diketahui, para pria berpakaian hitam itu berasal dari kelompok pekerja yang menamakan diri Partai Kesejahteraan Sosial Neo Nazi yang mengadopsi pemikiran dan prinsip Nazi, termasuk melakukan protes karena masih adanya imigran yang diterima di negara tersebut.

Namun, Lucie dengan berani maju berargumen dan menjelaskan kepada pria dalam aksi tersebut. Perempuan yang kini mempelajari film dan animasi di kota Brno itu mengatakan bahwa setiap orang yang datang mengungsi akibat ancaman keselamatan dan konflik maupun perang di negara asalnya wajib diterima sebagai tanggung jawab moral.

Kisah 9 Perempuan yang Selamat dari Tahanan Nazi

Dia mengatakan tak takut meski harus berhadapan dengan orang-orang fanatik Neo Nazi.

"Saya tidak takut dan mendatangi langsung para demonstran agar mereka berubah pikiran. Bagi saya itu hal yang bisa dilakukan untuk mengubah hal-hal di sekitar saya," kata Lucie kepada BBC sebagaimana dikutip pada Kamis, 4 Mei 2017.

Pemburu Nazi Efraim Zuroff Tak Menyerah Mengejar Penjahat Holocaust

Pada saat itu, kata dia, seorang pria Neo Nazi sempat menakutinya dan mengatakan bahwa para imigran yang diterima tersebut kelak akan memperkosa Lucie. Setelah itu mereka menyebut Lucie sebagai ekstremis.

"Mereka menyebut saya ekstremis. Apakah antifasis berarti ekstremis? Absurd," tanya Lucie retoris.

Lucie mengatakan, harus ada yang berani menentang pemikiran fasis agar dunia lebih baik. Foto Lucie yang berani berhadap-hadapan dengan demonstran Neo Nazi itu lalu menjadi viral di dunia maya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya