Puerto Rico Bangkrut, Ratusan Sekolah Negeri Terpaksa Tutup

Rakyat Puerto Rico berdemonstrasi menentang pemerintah.
Sumber :
  • Reuters/Alvin Baez

VIVA.co.id – Penghematan yang dilakukan Puerto Rico tergolong sangat aneh. Krisis keuangan parah yang terjadi di negara itu malah disikapi dengan menutup banyak sekolah.

7 Negara Bangkrut Gagal Bayar Utang di Dunia

Menurut stasiun berita Al Jazeera,18 Mei 2017, pemerintah Puerto Rico menyampaikan keputusannya untuk menutup 179 sekolah negeri di negara tersebut. Menurut pejabat setempat, keputusan itu dilakukan untuk melakukan penghematan anggaran.

Namun, menurut kelompok oposisi, keputusan itu bisa berdampak pada puluhan ribu anak yang terancam putus sekolah. Mereka khawatir jika pendidikan terputus, maka masa depan negara itu akan semakin suram. Biasanya, jika sebuah negara dilanda krisis, penghematan dilakukan dengan berbagai cara, namun bukan menutup sekolah.

Utang Menggunung, Presiden Zambia Pusing Ditagih Kreditur

Puerto Rico yang masih menjadi bagian dari negara persemakmuran AS awal bulan ini mengajukan status bangkrut. Saat ini Puerto Rico memiliki utang hingga US$70 miliar. Negara ini sedang menghadapi situasi yang sangat buruk.

Diberitakan oleh CNN, negara ini telah mengalami krisis ekonomi selama satu dekade dengan tingkat pengangguran mencapai 11,5 persen. Lebih dari 350.000 warga Puerto Rico dikabarkan sudah meninggalkan negara tersebut selama sepuluh tahun terakhir. Mereka memutuskan pindah ke Amerika Serikat.

Sidang Kasus Pemerasan-Gratifikasi di PN Jakpus, LPSK Beri Perlindungan Eks Ajudan SYL

Tahun lalu, Kongres telah membentuk Dewan Pengawasan Fiskal. Dewan ini yang mengajukan bangkrut dan sejak pekan lalu bernegosiasi dengan kreditor. Pengajuan ini membuat marah investor, karena khawatir piutang mereka tak akan terbayar.

Sementara itu Presiden AS, Donald Trump, menolak menyelamatkan negara tersebut. Melalui Mick Mulvaney, Direktur Anggaran, ia memastikan Gedung Putih tak akan mengeluarkan sepeser pun untuk membantu Puerto Rico. (ren)

Rakyat Sri Lanka duduki kantor Presiden Gotabaya Rajapaksa tuntut lengser

INFOGRAFIK: 9 Negara Terancam Bangkrut Seperti Sri Lanka

Selain terancam alami kebangkrutan seperti Sri Lanka, ada sejumlah negara yang juga akan alami krisis pangan, negeri dan sistem keuangan.

img_title
VIVA.co.id
15 Juli 2022