Ini 10 Patung Menakjubkan Berharga Triliunan Rupiah

Patung Silvas Capitalis di Inggris. Twiiter @lazy_grace
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id – Patung merupakan benda tiga dimensi, hasil karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Patung dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin.

Arkeolog Temukan Bagian Patung Terbesar dari Sosok Firaun

Karena itu, patung biasanya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan permanen. Terutama dari perunggu dan batu seperti marmer, kapur, dan granit.

Tak hanya menjadi sebongkah bentuk, patung dibuat dengan memiliki ragam makna. Baik itu secara tinggi, peristiwa penting, dan bahkan terlihat sangat menakjubkan.

Patung Ikan Asal Malaysia Isi Serbuk Kokain Digagalkan Petugas Bandara Soetta

Dilansir Telegraph, sedikitnya ada 10 patung menakjubkan yang tersebar di dunia. Selain menakjubkan, tentu patung-patung tersebut memiliki pesan dan kesan tersendiri.

Support, Italia

Terpopuler: Patung Yesus Dicuri, Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam dan AHY Menteri ATR

Patung monumental tangan manusia ini muncul dari laguna Venesia. Dibuat oleh pematung Italia yang terkenal, Lorenzo Quinn. Patung ini pun baru diperkenalkan pada Biennale tahun ini. Meraih sisi Hotel Ca 'Sagred yang bersejarah, instalasi raksasa ini melambangkan kapasitas tangan manusia untuk menciptakan dan menghancurkan.

"Saya ingin memahat apa yang dianggap sebagai bagian tubuh manusia yang paling sulit dan paling menantang secara teknis. Tangan memegang begitu banyak kekuatan-kekuatan untuk mencintai, membenci, menciptakan, dan menghancurkan," kata Lorenzo seperti dikutip Telegraph.

Metalmorphosis, Amerika Serikat

Patung logam kepala manusia ini duduk di sebuah kolam di Charlotte, North Carolina. Patung ini terdiri dari sekitar 40 lapisan stainless baja yang bisa diputar satu per satu. Sebuah karya serupa yang membentuk patung Franz Kafka juga ditampilkan di Prague.

Kepala raksasa tersebut dibuat oleh seniman Ceko yang kontroversial, David Cerný. Dikenal dengan kepingannya yang mencolok, termasuk Gesture (patung tangan raksasa dengan jari tengah yang panjang) dan London Booster (sebuah patung bus doubledecker merah dengan ekstensi lengan, dibuat untuk London Olimpiade pada 2012).

Curve to Point, Inggris

Taman patung Goodwood Cass Foundation di West Sussex juga menampilkan beberapa patung unik, seperti Curve to Point yang dibuat oleh seniman Inggris, Eilís O'Connell. Ia mencoba untuk memberikan makna di patung tersebut untuk mencapai keseimbangan yang harmonis antara objek dan lingkungan dengan bergeser antara "matematis dan ilmiah, alami dan simbolis.

Wild Horses Monumen, Amerika Serikat

Secara resmi patung-patung kuda ini bertajuk Grandfather Cuts Loose the Ponies. Monumen yang berada di Washington ini dibuat oleh David Govedare, yang menampilkan serangkaian 15 patung kuda seukuran gambar. Serta digambarkan berderap melintasi punggung bukit di atas Sungai Columbia.

Symphonic Sculputre, Jepang

Ada beberapa patung besar, seperti Patung Simfoni di taman museum terbuka di Hakone, sebuah kota yang dinamai Unesco di Honshu, pulau terbesar di Jepang. Taman itu adalah museum seni terbuka pertama di negaranya ketika dibuka pada 1969 dan memiliki koleksi permanen sekitar 120 karya pematung modern serta kontemporer di seluruh dunia. Museum ini juga menampilkan salah satu koleksi Picasso terbaik di dunia, dengan sekitar 300 item yang dipamerkan.

Nomade, Antibes, Prancis

Patung raksasa ini terbuat dari huruf-huruf berseri Nomade Plume milik Jaume Plensa telah terlihat di seluruh dunia, termasuk di Yorkshire Sculpture Park. Saat ini, bisa dilihat di Antibes, menghadap Port Vauban.

Silvas Capitalis, Inggris

Bersiaplah untuk merenungkan luasnya alam semesta dan pedesaan Northumberland yang sepi dan kosong, ketika Anda mengunjungi Taman Air dan Hutan Kielder.

Di sana Anda bisa masuk ke mulut dan menatap melalui mata kepala kayu raksasa, Silvas Capitalis (penciptanya mengklaim bahwa Anda memasuki pikiran pengamat hutan yang senyap).

The Kelpies, Skotlandia

Dua patung kepala kuda setinggi 100 feet (ft) terbuat dari 600 ton baja dan dapat dilihat dari jalan raya M9 di Falkirk. Karya seniman Glasgow, Andy Scott, ini terinspirasi dari tradisi kerja kuda di Skotlandia. Yang biasa menarik tongkang di sepanjang kanal dan bekerja di ladang tempat The Kelpies sekarang berdiri di pintu masuk kanal Forth dan Clyde di The Helix, sebuah kompleks taman. Kelpies adalah binatang mitos yang muncul sebagai kuda namun bisa mengadopsi bentuk manusia.

L'Homme au doigt

Ini adalah patung paling mahal yang pernah dijual saat dilelang Giacometti's L'Homme au doigt. Pertama, patung ini dibeli seharga US$141.3 miliar atau setara Rp1,8 triliun pada Mei 2015 oleh seorang kolektor pribadi. Kedua paling mahal patung ini, dibeli seniman Swiss, L'Homme qui marche I, seharga US$104,3 juta atau Rp1,3 miliar pada 2010, seperti yang keenam (Grand tête mince) dan yang ketujuh (Grand tête de Diego).

Crazy Horse Memorial, Amerika Serikat

Pemandangan mencolok inilah yang menyapa pengunjung Gunung Thunderhead di South Dakota. Pekerjaan selesai akan menggambarkan Crazy Horse, menunggang kuda, menunjuk ke kejauhan. Jika selesai, ia akan berdiri setinggi 563 kaki (172 meter) dan lebar 641 kaki (195 meter). Pemburu patung memiliki dua alasan untuk dikunjungi, yakni Gunung Rushmore hanya berjarak 17 mil di ujung jalan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya