Indonesia Promosikan Nasi Goreng ke Hongaria

Mahasiswi Budapest Business School for Applied Science membuat nasi goreng
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo, mempromosikan kuliner nusantara dengan menggelar praktik pembuatan nasi goreng di Budapest Business School for Applied Science.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Kegiatan ini berawal dari keprihatinan tidak adanya restoran Indonesia di Hongaria. Itu bukan karena kurangnya minat masyarakat setempat terhadap kuliner Indonesia, namun karena sistem perizinan restoran di Hongaria yang sulit dan peraturan ketenagakerjaan yang ketat.

"Namun kita tidak kehilangan akal. Tidak punya restoran, bukan berarti makanan Indonesia kehilangan gaungnya di Hongaria. Karena itu, kita buat praktik memasak nasi goreng di BBS ini," kata Wening melalui keterangan tertulis, Jumat, 19 Mei 2017.

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

Dia mengatakan, kegiatan ini berfungsi untuk mengajarkan mahasiswa yang nantinya akan menjadi koki di restoran Hongaria, memupuk rasa cinta dan rasa ingin tahu tentang makanan Indonesia.

"Kabar gembiranya, BBS akan menjual nasi goreng Indonesia di kampus mereka. Saya berharap menu nasi goreng Indonesia bisa tercantum dalam daftar menu Cafetaria Alumni milik BBS," ujarnya.

Status PPKM Dicabut, Wisata Kuliner Tangerang Bangkit Lagi

Menurutnya, hal ini merupakan langkah awal promosi kuliner KBRI Budapest, yang selanjutnya akan diikuti dengan memasuki restoran-restoran di Hongaria dan memperkenalkan masakan Indonesia kepada chef, pemilik, serta pengunjung, dengan tujuan akhir memasukkan menu Indonesia di restoran tersebut.

Budapest Business School for Applied Science memang memiliki jurusan perdagangan, katering dan turisme dengan jumlah mahasiswa yang cukup besar. BBS sendiri merupakan mitra utama KBRI Budapest dalam bidang pengembangan kerja sama pendidikan dan budaya. (ase)

Nasi Gudeg

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Kuliner Nusantara adalah cerminan dari kekayaan budaya dan keanekaragaman alam Nusantara. Setiap daerah memiliki karakteristik kuliner yang unik.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023