Sambut Raja Swedia, Presiden Jokowi Bergaya Baru

Presiden Jokowi pakai baju betawi sambut Raja Swedia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung Prasetyo

VIVA.co.id – Kendati baru menempuh perjalanan panjang dari Arab Saudi, Presiden Joko Widodo langsung menuju Istana Bogor begitu mendarat di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, Senin pagi tadi. Rupanya Jokowi dan Ibu Negara Iriana segera menyambut kedatangan Raja dan Ratu Swedia di Bogor.

Istana: Isu Jokowi Masuk Bursa Calon Ketua Umum Partai Golkar itu Urusan Internal

Baru kali ini pasangan Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia mengunjungi Kota Hujan tersebut. Selain Jakarta dan Bogor, mereka dijadwalkan berkunjung ke Bandung.

Masuk melalui pintu halaman depan Istana Bogor pukul 11.30 WIB, Raja Gustaf dan Ratu Silvia disambut pasukan berkuda dan pasukan baju adat 34 provinsi. Menyusuri halaman menuju gedung utama Istana Merdeka, sejumlah rusa yang memang peliharaan Istana Bogor, tampak berlalu lalang di tengah-tengah iring-iringan.

Marhan Harahap Dihadang Hingga Meninggal, Jokowi Minta Aparat Keamanan Bertindak Humanis

Tiba di halaman gedung utama Istana Bogor, Raja dan Ratu disambut puluhan anak-anak berpakaian adat dengan mengibar-ngibarkan bendera kecil kedua negara. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, juga turut menyambut. Pada kesempatan itu ada hal menarik, Jokowi menggunakan pakaian khas Betawi dan Iriana dengan setelan yang dihias selendang merah.

Penampian Presiden Jokowi itu agak berbeda dari busana Jokowi biasanya dan berbeda dari Presiden sebelumnya yang biasa menggunakan setelan jas lengkap saat menerima kepala negara lain.

Jokowi Prihatin Sekaligus Berduka atas Insiden yang Menimpa Marhan Harahap di Sumut

Setelah itu, dilakukan upacara kenegaraan kedua negara dengan menyanyikan lagu kebangsaan Swedia dan lagu kebangsaan Indonesia diiringi dengan dentuman 21 meriam. Presiden Jokowi dan Raja Gustaf lalu melanjutkan dengan peninjauan pasukan.

Saat melalui barisan anak-anak Sekolah Dasar, Raja Gustaf terus tersenyum sambil menyapa mereka.

Usai upacara kenegaraan, Presiden Jokowi dan Raja Gustaf didampingi Ratu Silvia dan Ibu Negara Iriana memasuki gedung utama Istana Bogor. Selain itu ada juga sesi penanaman pohon di halaman belakang Istana Bogor.
 
Dari sesi penanaman pohon, Jokowi juga menyetir sendiri golf car sambil mengajak Raja Gustaf menikmati pemandangan pepohonan di belakang Istana yang menyatu dengan Kebun Raya Bogor. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya