Berjarak 1 Km dari Pusat Ledakan, KBRI Kabul Aman

Sejumlah pekerja yang menjadi korban bom Kabul menjauh dari lokasi ledakan.
Sumber :
  • Reuters/Omar Sobhani

VIVA.co.id – Sebuah ledakan besar terjadi di kawasan diplomatik di Kabul, Afghanistan, hari ini, Rabu 31 Mei 2017 sekitar pukul 08.25 waktu setempat. Ledakan itu menewaskan 80 orang dan melukai 350 orang lainnya.

Taliban Kabarkan Berhasil Bunuh Anggota ISIS Dalang Tragedi Bom Bandara Kabul 2021

Kedutaan Besar Republik Indonesia berada tak terlalu jauh dari lokasi ledakan. Lokasi kejadian berjarak sekitar 1,2 kilometer dari KBRI, dan diperkirakan termasuk high explosive. Pihak Kemlu RI menegaskan ledakan tersebut tidak berdampak besar bagi KBRI.

"Meskipun getaran ledakan terasa hingga KBRI Kabul, tidak menyebabkan kerusakan berarti," kata Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia, Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal di Jakarta, Rabu, 31 Mei 2017.

Hanya di Afghanistan, Maneken Dibungkus Menyeramkan di Bawah Kekuasaan Taliban

Iqbal mengatakan, selain 14 WNI yang terdapat di dalam KBRI, termasuk di antaranya duta besar dan staf, juga terdapat 12 WNI yang berada di luar KBRI. Namun demikian, ia mengatakan bahwa seluruhnya dilaporkan dalam keadaan baik.

Seperti diberitakan sebelumnya, ledakan terjadi tak jauh dari kompleks Kedutaan Jerman di Zanbaq Square yang populer menjadi tempat aktivitas publik. Hingga saat ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab.

Aksi Protes Kesetaraan Wanita di Afghanistan Terus Berlanjut

Di kompleks tersebut diketahui ada sejumlah gedung pemerintahan, termasuk Istana Kepresidenan dan gedung kedutaan negara asing. Selama ini, area tersebut dianggap menjadi zona paling aman di Kabul. (art)

Taliban rayakan dua tahun taklukan Afghanistan

Taliban Rayakan 2 Tahun 'Kuasai' Afghanistan

Selasa waktu setempat, Otoritas Taliban mengadakan acara resmi di seluruh negeri, merayakan apa yang mereka sebut sebagai "Hari Kemerdekaan Afghanistan dari pendudukan AS

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2023