Malaysia Bikin Kompetisi Cegah LGBT, Jadi Kontroversi

Komunitas LGBT.
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Peter

VIVA.co.id – Pemerintah Malaysia menunjukkan kewaspadaan dengan makin banyaknya aturan di berbagai negara yang melegalkan LGBT, yang merupakan singkatan dari lesbian, gay, biseksual dan transgender.

5 Negara yang Baru-baru Ini Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Karena itu, Malaysia mengupayakan kampanye anti-LGBT dengan membuat kompetisi video bagi para pemuda yang temanya adalah pencegahan terhadap LGBT.

Kontes video ini berhadiah hingga US$1.000 dan akan berakhir pada akhir Agustus 2017, sebagaimana dikutip dari BBC, Minggu 4 Juni 2017.

36 Negara Ini Ternyata Legalkan Pernikahan Sesama Jenis, Dimulai dari Belanda

Adanya perlombaan ini, lantas mendapatkan kritik dari aktivis dan komunitas LGBT yang memang dianggap ilegal di negeri jiran. Namun, otoritas Malaysia tetap bersikukuh bahwa kontes itu bukan bentuk diskriminasi, melainkan memacu kreativitas.

Kontes tersebut, diperuntukkan bagi peserta dengan rentang usia 13 hingga 24 tahun.

Terbuka dan Bebas! 5 Negara Ini Terkenal dengan Kebebasan Seksualnya yang Tinggi

"Kontes ini diselenggarakan tak lain, untuk memberi wawasan, sekaligus memacu kreativitas tentang reproduksi seksual dan hal kesehatan yang terkait dengan reproduksi tanpa ingin mendiskriminasikan kelompok tertentu," kata Wakil Dirjen Kementerian Kesehatan Malaysia, Lokman Hakim Sulaiman.

Ada tiga kategori dalam perlombaan tersebut, yakni kategori kegamangan gender, seksualitas, dan seksualitas di internet. LGBT diketahui selama ini dilarang di Malaysia, baik secara hukum negara maupun hukum agama yang diberlakukan di negara tersebut. (asp)

Bendera LGBTQ di antara bendera Amerika Serikat

Top Trending: 5 Negara Legalkan Pernikahan Jenis, Wanita Nge-prank Presiden hingga Kisah Mualaf Jess

Sederet artikel viral berhasil mencuri perhatian dan bertengger di kanal Trending pada Jumat (8/3). Dari negara legalkan pernikahan sesama jenis hingga kisah mualaf.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2024