Hapus Larangan Minuman Keras, Alasannya Mengejutkan

Ilustrasi minuman beralkohol di bar
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVA.co.id – Negara bagian India di wilayah selatan, Kerala, secara bertahap menghapuskan larangan penjualan dan konsumsi atas minuman beralkohol. Kebijakan itu diambil karena pelarangan alkohol dianggap tak ampuh mengurangi aksi tindakan kekerasan akibat mengkonsumsi zat berbahaya.

Seandainya Militer China Perang Udara Lawan India, Siapa yang Menang?

Pemerintah setempat yang berasal dari koalisi partai pemerintah sayap kiri kini memperbolehkan setiap bar, tempat hiburan dan hotel menyediakan minuman keras. Sebelumnya disebutkan bahwa minuman beralkohol hanya diperbolehkan ada di hotel-hotel bintang lima.

Namun demikian pemerintah setempat menyatakan bahwa mereka masih melakukan pengetatan agar minuman keras juga tidak sembarangan dikonsumsi di tempat publik.

MUI Kecam Keras India Atas Kekerasan Terhadap Umat Muslim

"Pelarangan alkohol tidak ada yang pernah sukses di dunia. Justru akan membuat para penyelundup obat terlarang dan minuman keras semakin menjadi-jadi," kata Wakil Menteri Pinarayi Vijayan sebagaimana dikutip dari laman BBC.com, Jumat 9 Juni 2017.

Sebagian besar Wilayah Kerala disebutkan menjadi area turis. Pelarangan minuman beralkohol selama ini berpotensi mengurangi pendapatan dari sektor pariwisata.

FPI-PA 212 Minta India Setop Persekusi Terhadap Umat Muslim

Namun anggota Kongres dari  Indian Union Muslim League mengkritisi penghapusan larangan minuman beralkohol itu.

"Penghapusan ini dilakukan karena pemerintah sedang memenuhi janji kampanye mereka kepada perusahaan minuman keras yang mendukung pada saat kampanye," kata Anggota Kongres MM Hassan.

Source : Republika

Hubungan Hindu-Muslim di India Memburuk, Sejak Kapan?

India adalah rumah bagi sekitar dua ratus juta Muslim.

img_title
VIVA.co.id
21 Agustus 2020