Wanita Iran Membangkang Fatwa Haram Bersepeda

Sejumlah perempuan Iran di Gedung Parlemen di Teheran.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Meskipun para perempuan di Iran dilarang naik sepeda sesuai dengan fatwa ulama di negara Islam tersebut, namun tak membuat sejumlah kaum hawa di sana mengurungkan niat menggowes. Masih ditemukan sejumlah perempuan di Iran yang naik sepeda ke tempat kerja mereka. Juga saat pergi ke berbagai lokasi aktivitas mereka.

Nasrullah Bersepeda dari Purwokerjo Demi Hadiri Kampanye Akbar AMIN di JIS

Dilansir laman The Guardian, para perempuan Iran tersebut tahu bahwa di negara mereka memang ada fatwa haram naik sepeda bagi kaum hawa. Ulama setempat mengatakan bahwa perempuan yang dibiarkan naik sepeda akan menjadi ancaman moral.

Namun, hal ini kemudian menjadi pro dan kontra dan ternyata tak sedikit perempuan Iran yang mengabaikan fatwa itu. Namun di kota besar seperti Teheran, para wanita lebih bisa diterima menaiki sepeda.

AHY Ungkap Isi Pembicaraan saat Gowes dan Sarapan Gudeg Bareng Jokowi di Yogyakarta

"Saya suka naik sepeda dan kadang-kadang bersepeda bersama teman-teman saya ke perdesaan," kata Negin, perempuan Iran berusia 32 tahun.

Negin merupakan manajer IT di sebuah perusahaan dan mengaku punya hobi naik sepeda gunung.

Momen AHY Ngobrol Bareng Jokowi saat Bersepeda di Yogyakarta

Namun di sejumlah tempat, perempuan yang naik sepeda terbukti ditangkap polisi. Salah satunya yang terjadi di Marivan, kota di bagian barat Iran. Polisi disebutkan menangkap dan menahan perempuan yang ketahuan mengendarai sepeda. Mereka akan dibebaskan jika sudah meneken surat pernyataan tidak akan bersepeda lagi untuk seterusnya. (ren)

Ilustrasi beraktivitas di bulan puasa

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Olahraga saat puasa dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan stamina, menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengontrol berat badan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024