Indonesia Bahas Solusi Krisis Qatar dengan Utusan UEA

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ditemui utusan UEA
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi pagi ini menerima kunjungan Utusan Khusus Uni Emirat Arab atau UEA, Abdurrahman Muhammad al-Uwais. Pada kesempatan tersebut, kedua menteri membahas situasi terkini yang tengah terjadi di Kawasan Teluk khususnya terkait isolasi Qatar.

Biasanya Bela Saudi dan UEA, Kini Syekh Qatar Minta Tolong

Retno mengatakan, dalam pembicaraan tersebut ditekankan bahwa dialog dan penyelesaian secara politik merupakan satu elemen utama yang saat ini tengah didorong Indonesia. Utusan Khusus UEA juga menyetujui bahwa dialog adalah satu-satunya pilihan terbaik dibandingkan opsi militer.

"Utusan Khusus UEA sampaikan bahwa ini adalah satu-satunya opsi dan itu sudah cukup melegakan. Ke depan kami akan bicara masalah detail bagaimana dialog itu dapat tercipta," kata Retno di Gedung Kemlu, Jakarta Pusat, Kamis 15 Juni 2017.

Xavi: Tanpa Demokrasi, Warga Qatar Tetap Bahagia

Sebagai negara yang memiliki hubungan baik dengan semua negara, Indonesia akan melakukan komunikasi dengan semua pihak terkait, termasuk dengan negara kunci lainnya. Indonesia juga mengajak agar negara lain di luar Teluk tidak memperburuk kondisi ketegangan.

"Kami juga berikan dukungan terhadap mediasi yang dilakukan Emir Kuwait, karena beliau sangat dihormati di Teluk dan dapat diterima semua pihak," ujar Retno.

Qatar Beli 24 Pesawat Tempur Canggih, Negara Rival Meradang

Retno menegaskan bahwa Indonesia saat ini akan tetap berada pada posisinya mengutamakan dialog dan negosiasi. Sementara itu, UEA merupakan salah satu negara yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar setelah Arab Saudi dan Bahrain. (art)

Presiden Jokowi ajak tamunya, Emir Qatar, tanam pohon dan Keliling Istana Bogor beberapa waktu lalu.

Diembargo 4 Negara, Qatar Justru Makin 'Pede'

Bahkan Qatar akhirnya larang impor dari UEA, Saudi, Mesir, Bahrain.

img_title
VIVA.co.id
28 Mei 2018