Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 15 Juni 2017 | 14:30 WIB
  • Rekaman PM Australia Mengejek Trump Bocor ke Publik

  • Oleh
    • Endah Lismartini
Rekaman PM Australia Mengejek Trump Bocor ke Publik
Photo :
  • REUTERS/David Gray
Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull.

VIVA.co.id – Sebuah rekaman yang dibocorkan oleh media Australia mengundang keriuhan. Dalam rekaman tersebut terdengar suara PM Australia Malcolm Turnbull mengejek Presiden AS Donald Trump.

Saat itu, Turnbull sedang berbicara di Gedung Parlemen Australia pada Rabu malam. Saat ia berbicara, rekaman berjalan.

Biasanya acara seperti ini tak dilaporkan atau menjadi konsumsi publik. Namun editor Australia's Nine Network mengatakan, mereka memutuskan untuk membuka rekaman itu ke publik.

Rekaman ini beredar di saat Trump dan Turnbull baru saja memperbaiki hubungan mereka yang sempat bermasalah. Pangkal permasalahan antara kedua pemimpin negara adalah soal nasib 1.200 pengungsi. Tapi setelah keduanya bertemu di AS, Trump mengatakan pertemuannya dengan Turnbull adalah pertemuan yang fantastis.

Dalam rekaman yang bocor, Turnbull seperti biasa memberikan canda dulu untuk para tamu di Mid Winter Ball. Sambil menirukan gaya Trump ia mengatakan, "Ini adalah pertemuan yang indah. Acara yang paling indah yang pernah saya lakukan."

"Donald dan saya, kami menang dan menang dalam jajak pendapat. Kami menang seperti yang belum pernah kami alami sebelumnya," ia menambahkan seperti dikutip dari BBC, 15 Juni 2017.

Sambil bercanda ia juga mengatakan, jajak pendapat sangat mudah dimenangkan. "Apalagi saya memiliki orang Rusia," katanya.

Australia adalah salah satu sekutu terdekat AS. Pasukan dari kedua negara telah berjuang bersama dalam semua konflik besar baru-baru ini termasuk Irak dan Afghanistan.

Editor politik Nine Laurie Oakes mengatakan bahwa dia tidak menghadiri pertemuan itu, namun audio "kebetulan" bocor dan telah diunggah ke Instagram.