Lesbian di Serbia Dipercaya Jadi Perdana Menteri

PM Serbia, Ana Brnabic.
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA.co.id – Presiden Serbia, Aleksandar Vucic, menunjuk Ana Brnabic yang masih berusia 41 tahun sebagai Perdana Menteri. Dengan demikian Brnabic mengukir dua sejarah, perempuan sekaligus lesbian pertama yang jadi kepala pemerintahan Serbia.

Selangkah Lagi Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

Pengumuman pemilihan PM itu disampaikan Presiden Serbia pada Selasa lalu, sebagaimana dilansir laman The Guardian. PM baru tersebut menempuh pendidikan di Universitas Hull di Inggris dan dianggap cakap bekerja dalam rekam jejaknya selama ini.

Penunjukan PM baru dari kalangan LGBT itu tak lama berselang setelah Irlandia juga memilih  Leo Varadkar sebagai PM pertama yang adalah seorang gaya. Penunjukan PM gay di negara Balkan jadi perhatian mengingat masih ada penolakan terhadap LGBT di kawasan itu.

7 Kedekatan Cristiano Ronaldo dengan Islam, No 5 Enggak Nyangka Banget

Sementara Presiden Serbia langsung meminta PM Ana Brnabic membentuk kabinet dan bekerja dengan segera. Ana Brnabic adalah figur nonpartai yang dicap mampu memimpin pemerintahan dengan latar belakangnya sebagai teknokrat.

Ana Brnabic sebelumnya menjabat sebagai Menteri Administrasi Publik dan Urusan Pemerintahan Serbia. (ren)

Russia Classifies LGBT Movement as Extremist, Terrorist Group
Ilustrasi LGBT

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Sebuah sekolah di Florida menyingkirkan sekitar 300-an buku dari rak perpustakaan ke dalam daftar "materi yang dihapus atau dihentikan" karena memuat materi LGBTQ anak.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024