Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 18 Juni 2017 | 15:41 WIB
  • Kebakaran Hutan, Belasan Orang Tewas Terjebak dalam Mobil

  • Oleh
    • Endah Lismartini
Kebakaran Hutan, Belasan Orang Tewas Terjebak dalam Mobil
Photo :
  • REUTERS/Rafael Marchante
Api yang berkobar membakar hutan di Portugal.

VIVA.co.id – Kebakaran hutan di Portugal merambat cepat dan membesar tak terkendali. Api terus berkobar dan melalap sekitar hutan.

Sejumlah warga yang mencoba untuk menyelamatkan diri terjebak situasi dan tewas. Korban tewas disebutkan sudah mencapai 25 orang. Perdana Menteri Portugal Antonio Costa mengatakan kebakaran ini menjadi tragedi terbesar dalam sejarah kebakaran hutan yang pernah terjadi di Portugal.

"Korban tewas kemungkinan masih bisa bertambah," ujarnya. Kebanyakan  korban tewas di dalam mobil mereka ketika berusaha menyelamatkan diri dan menghindar dari api yang berkobar.

Sementara Menteri Dalam Negeri Jorge Gomes mengatakan, ada tiga orang yang tewas karena menghirup asap dan 16 lainnya tewas dalam mobil mereka saat melintas di jalan raya yang menghubungkan wilayah Figueiro dos Vinhos menunju Castanheira de Pera. Diantara kedua lokasi itu terjadi kebakaran hebat.

Pemerintah Portugal telah menerjunkan lebih dari 60 mobil pemadam dan sekitar 1.700 petugas pemadam kebakaran. Mereka bekerja keras semalaman untuk memadamkan api.

"Tapi api cepat membesar dengan daya hancur yang luar biasa di depan mereka," ujar Gomes, seperti dikutip dari BBC, 18 Juni 2017.

Hingga saat ini belum jelas penyebab awal kebakaran. "Tapi bisa jadi salah satu penyebabnya adalah petir," ujar Gomes menambahkan.

Kemungkinan itu muncul mengingat Portugal termasuk salah satu negara yang sering dilanda gelombang panas, dengan temperatur bisa mencapai hingga 40 derajat celsius di beberapa area.