Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 19 Juni 2017 | 13:02 WIB
  • Milan Masih Jadi Kota Favorit WNI untuk Kuliah

  • Oleh
    • Endah Lismartini,
    • Dinia Adrianjara
Milan Masih Jadi Kota Favorit WNI untuk Kuliah
Photo :
  • KBRI Roma
KBRI Roma mengadakan acara bukber dengan WNI di Italia.

VIVA.co.id – Milan, ternyata masih menjadi pilihan WNI yang ingin melanjutkan kuliahnya di Italia. Jumlah WNI yang ada di kota ini mencapai 1.600 orang.

Sebagian besar dari WNI yang ada di Milan adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi di kota tersebut. Banyaknya jumlah WNI di Milan membuat KBRI Roma memanfaatkan acara buka puasa bersama dengan diaspora Indonesia yang berada di kota tersebut.

Saat acara berbuka puasa bersama WNI, KBRI memilih memudahkan layanan dengan memberikan  pelayanan kekonsuleran secara  "jemput bola”. Layanan itu meliputi pembuatan atau perpanjangan masa berlaku paspor, lapor diri, legalisasi dokumen, serta pengarahan terkait masalah kewarganegaraan dan keimigrasian.

"Kami berharap para WNI dapat selalu menjunjung tinggi etika, budaya dan agama, seraya mematuhi berbagai ketentuan yang ada di Italia dan memenuhi kewajiban sebagai WNI," kata Dubes RI untuk Italia, Esti Andayani melalui keterangan tertulis, Senin 19 Juni 2017.

Ia juga mengaku bangga karena diaspora Indonesia di Milan dapat menjaga silaturahim dengan erat, baik sesama Muslim maupun dengan non-Muslim.

Acara berbuka puasa tersebut dimanfaatkan sebagai momen penting untuk mempererat silaturahim antara warga dan diaspora Indonesia yang berada di Milan. Kegiatan tersebut dilakukan dengan pengajian dan buka puasa bersama, sekaligus mengobati kerinduan terhadap suasana Ramadhan di Indonesia.