Ingatan Obama Patung Pancoran Tertinggi, Tinggal Kenangan

Obama Hadiri Kongres Diaspora Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Mentan Presiden Amerika Serikat, Barack Hussein Obama menceritakan kesannya melihat perkembangan pembangunan Indonesia. Saat ia kecil dan masih ikut dengan ibunya tinggal di Indonesia, Obama mengatakan hanya ada sebagian kecil gedung tinggi di Jakarta.   

Warga Indonesia di AS Ikut Waswas Jelang Pelantikan Joe Biden

Gedung dan bangunan itu, kenang Obama antara lain gedung Hotel Indonesia, Gedung Sarinah dan Hanoman Statue (Patung Pancoran) yang menjadi bangunan tertinggi di Jakarta pada tahun 1967. Pada saat itu, ia pertama kali mendarat di Indonesia.

"Sekarang Hanoman Statue (Patung Pancoran) justru kalah dengan bangunan tinggi lainnya dipacu oleh Jalan layang di sekitarnya, berbeda dengan dahulu," ujar Obama dalam acara Kongres Diaspora Indonesia 2017 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu 1 Juli 2017. 

Barack Obama Klaim AS Kini Lebih Terpecah-Belah

Obama mengatakan, saat ini Jakarta jelas sudah mengalami banyak sekali kemajuan. Semua kata dia, kontras berbeda dibandingkan dengan 50 tahun yang lalu.

"Jakarta sangat mengesankan, banyak jalan layang, ada banyak kemajuan. Orangnya ramah dan suka berteman. Indonesia bagian dari diri saya," kata Obama yang disambut riuh tepuk tangan penonton. 

Barack Obama Sebut Tuduhan Kecurangan Pilpres AS Lemahkan Demokrasi

Saat ikut dengan ibunya yang pernah bekerja di Indonesia, Obama mengaku masih sangat ingat akan kenangan tersebut. Indonesia kata dia sarat akan sifat yang ramah. Sewaktu kecil hingga saat ini, ia mengaku masih sering ditawarkan langsung makanan oleh pedagang sate maupun bakso. 

"Hei, sate Obama, bakso, tempe, nasi goreng pak," kata Obama menirukan tawaran pedagang makanan kepadanya.
 

Patrick Semasky/REUTERS

Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang

Dalam pidatonya, Joe Biden mengatakan demokrasi sangat berharga, tapi juga rapuh. AS sedang menghadapi saat yang penuh ujian.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2021