11-07-1945: Uni Soviet Serahkan Jerman Barat ke Inggris-AS

Tentara Uni Soviet memasuki Berlin, ibu kota Jerman, jelang akhir Perang Dunia Kedua.
Sumber :
  • commons.wikimedia.org

VIVA.co.id – Pada 72 tahun silam, Uni Soviet bersedia mengakui dan menyerahkan kekuasaan atas Jerman Barat kepada Inggris dan Amerika Serikat. Hal ini juga menandai pembagian dua Wilayah Jerman yang menjadi simbol dimulainya Perang Dingin antara blok Barat dan blok Timur.

20-06-1963: Kala Perang Dingin, Uni Soviet-AS Bangun Hotline

Menurut laman History.com, dalam sejumlah konferensi yang menegangkan antara Uni Soviet, Inggris dan Amerika Serikat sangat sulit mencapai kesepakatan. Hingga akhirnya Wilayah Jerman dipertahankan menjadi dua bagian.

Berlin sebagai Ibu Kota Jerman juga dibagi menjadi dua bagian yaitu Berlin Barat dan Timur. Sementara militer Uni Soviet menguasai Wilayah Jerman Timur secara keseluruhan. Penyerahan Jerman Barat kepada AS dan sekutunya dilakukan dengan damai.

20-04-1978: Jet Tempur Soviet Paksa Maskapai Korea Mendarat

Namun pada tahap selanjutnya, Uni Soviet juga perlahan melakukan blokade segala hubungan dengan Berlin Barat dan dipertegas dengan pendirian Tembok Berlin.

Tembok Berlin dibangun pada tahun 1961 yang menjadi pembatas fisik dan putusnya hubungan antara Jerman Barat dan Jerman Timur. (ren)

3-4-1948: Bantuan Marshall Plan untuk Bangkitkan Eropa
Presiden AS Harry S Truman, pencetus Marshall Plan.

09-01-1952: Pidato Presiden AS Bakar Semangat Lawan Komunis

Pada hari ini, tepat pada tahun 1952 silam.

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2018