Arab Saudi Negara Penghukum Mati Tertinggi, Sehari Bisa Enam

Aksi simbolik protes terhadap eksekusi mati di Arab Saudi
Sumber :
  • Independent.co.uk

VIVA.co.id – Pemerintah Arab Saudi mengeksekusi enam orang terpidana mati dalam sehari atas kasus pembunuhan dan penyalahgunaan narkoba. Jumlah eksekusi ini dianggap sebagai angka tertinggi yang dilakukan dalam satu hari selama tahun 2017.

Sepuluh Perempuan Saudi Pertama Akhirnya Dapat SIM

Dilansir laman Independent, Rabu 12 Juli 2017, menteri dalam negeri Saudi mengatakan, terpidana mati tersebut di antaranya orang berkebangsaan Pakistan yang terlibat dalam perdagangan narkoba. Sementara lima lainnya adalah warga Saudi yang terlibat pembunuhan.

Saudi merupakan negara dengan tingkat eksekusi mati tertinggi di dunia yang menjatuhkan hukuman tersebut kepada pelaku terorisme, pembunuhan, pemerkosaan, perampokan bersenjata dan perdagangan narkoba.

Masih Ada 20 WNI di Arab Saudi Terancam Hukuman Mati

Pada tahun 2014, Arab Saudi mengeksekusi sebanyak 158 orang. Sementara tahun lalu, 153 terpidana dieksekusi mati atas berbagai kasus.

Organisasi hak asasi manusia, Reprieve dalam laporan yang diterbitkan pada Juni 2017 menemukan bahwa 41 persen dari mereka yang dieksekusi di Arab Saudi harus mati karena melakukan tindakan tanpa kekerasan seperti mengikuti demonstrasi politik.

Mendekati Mekah, 4 Jemaah Umrah Tewas Dihantam Truk Tanki

Organisasi HAM tersebut juga khawatir, banyak pekerja migran di negara tersebut yang ditipu untuk melakukan penyelundupan narkoba dan kemudian dieksekusi mati. Sedikitnya 23 persen eksekusi hukuman mati karena pelanggaran narkoba di Saudi dijatuhkan terhadap orang Pakistan.

Pengamat PBB menyerukan perlunya diakhiri eksekusi mati atas pelanggaran tindakan tanpa kekerasan. Namun otoritas mengklaim bahwa hukuman mati adalah hukuman layak bagi pelaku kriminal dan demonstran tanpa kekerasan juga dikategorikan sebagai pelaku kriminal di negara itu. (ren)

Perempuan di Arab Saudi mengendarai mobil

Sah, Perempuan di Arab Saudi Boleh Nyetir Mobil di Jalanan

Larangan mengemudi bagi perempuan di Arab Saudi resmi dicabut.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2018