Banyak Warga Inggris Tak Sadar Sumbang Kelompok Ekstremis

Seruan tak takut ISIS di lokasi pengeboman di Manchester
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVA.co.id – Masyarakat di Inggris secara tidak langsung memberikan hingga ratusan ribu pound dalam setahun untuk menyumbang kelompok ekstremis Islam yang mendukung aksi teroris. Dana ini diberikan tanpa disadari dalam bentuk sumbangan.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

Menteri Dalam Negeri Inggris, Amber Rudd mengatakan bahwa sumber dukungan paling umum untuk organisasi ekstremis Islam di Inggris berasal dari sumbangan publik dan anonim yang mana mayoritas sumbangan berasal dari individu-individu yang memang berada di Inggris.

"Dalam beberapa kasus, organisasi ini menerima ratusan ribu pound setahun. Ini adalah sumber utama dari pemasukan mereka," kata Rudd seperti diberitakan Independent, Kamis 13 Juli 2017.

IDI Sukoharjo Minta Kasus Sunardi Tak Dikaitan dengan Profesi Dokter

Rudd mengatakan bahwa pendonor mungkin tidak mengetahui atau mendukung agenda penuh organisasi tersebut. Namun mereka cenderung dermawan.

Sementara ringkasan pendek dari laporan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Munarman Tertawakan Tuntutan 8 Tahun Penjara: Kurang Serius

"Beberapa organisasi Islam menggambarkan diri mereka sebagai badan amal untuk meningkatkan kredibilitas dan memanfaatkan penekanan Islam pada badan amal. Beberapa di antaranya samar tentang aktivitas dan status amal mereka," kata dia.

Namun Rudd mengatakan telah memutuskan untuk tidak menerbitkan seluruh laporan yang bersifat rahasia soal berbagai organisasi itu dengan alasan keamanan nasional.

Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023