Getaran Gempa di Korea Utara, Dicurigai Uji Senjata Nuklir

Terowongan di perbatasan Korea yang diduga dibangun oleh Korea Utara.
Sumber :
  • Express

VIVA.co.id – Adanya gempa dengan getaran berkekuatan 5,8 Skala Richter sempat mengguncang Korea Utara di bagian Wilayah Laut Jepang pada hari Kamis, 13 Juli 2017, waktu setempat. Namun survei Geologi AS mengatakan gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Diberitakan Channel News Asia, ahli seismologi USGS Julie Dutton mengatakan gempa sebesar itu tidak biasa terjadi di Wilayah Korea Utara. Dia mengatakan bahwa gempa besar terakhir terjadi di bagian Laut Jepang pada
tahun 1994.

Seperti diketahui bahwa uji coba nuklir bawah tanah yang dilakukan Korea Utara beberapa waktu lalu menyebabkan timbulnya kejadian seismik. Namun Dutton mengatakan belum ada indikasi kuat bahwa gempa tersebut adalah peristiwa buatan manusia.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Hal senada juga diungkapkan seorang juru bicara Pentagon yang mengatakan bahwa indikasi awal menunjukkan gempa tersebut tidak diakibatkan oleh uji coba nuklir.

Gempa yang terjadi sekitar pagi hari tersebut berada jauh di lapisan perut bumi yaitu sekitar 538 Kilometer di bawah dasar laut dan tidak menyebabkan kerusakan serius.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Pusat gempa berada di 180 Kilometer tenggara kota Chongjin, Korea Utara.
 

Ilustrasi agama di dunia

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Ateisme secara umum merujuk pada ketidakpercayaan terhadap keberadaan Tuhan, dan seseorang yang menganut pandangan ini disebut sebagai ateis. Di Indonesia, hal itu tabu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024