Prancis dan Indonesia Fokus Kerja Sama 4 Bidang

Perayaan Hari Nasional Prancis atau Bastille Day di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Prancis dan Indonesia bertekad untuk maju bersama sebagai mitra strategis dalam berbagai bidang dan menghadapi tantangan dunia.

Canggihnya Kapal Induk Prancis Dixmude, Bikin Gentar Musuh

Hal ini disampaikan Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonne, dalam perayaan Hari Nasional Prancis atau Bastille Day di Jakarta.

"Kedua negara mengemban tanggung jawab khusus di wilayah masing-masing yakni di Eropa dan Asia," kata Berthonne di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat 14 Juli 2017.

Kapal Induk Prancis Merapat di Tanjung Priok

"Kedua negara juga memiliki satu visi dalam menghadapi tantangan dunia yaitu mendukung perdamaian dan keamanan, pembangunan ekonomi dan sosial, serta pelestarian alam," tuturnya.

Prancis beberapa waktu terakhir bertekad untuk menerapkan komitmen yang dibuat dalam kerangka Kesepakatan Paris, mengenai perubahan iklim. Di bidang yang sama, Indonesia juga mempunyai komitmen ambisius terutama dalam memerangi deforestasi.

RI dan Prancis Lanjutkan Kerja Sama Mitigasi Bencana Geologi

Dubes Berthonne mengatakan, tahun ini ada empat bidang kerja sama yang ingin ditekankan oleh kedua negara, di antaranya energi terbarukan, kemaritiman, ekonomi kreatif, dan pembangunan perkotaan berkelanjutan.

Selain itu, hubungan kedua negara sejalan dengan peningkatan hubungan antara Indonesia dan Uni Eropa.

"Prancis berharap agar perundingan-perundingan yang dimulai tahun lalu sesegera mungkin membuahkan suatu persetujuan kemitraan ekonomi komprehensif yang ambisius global dan seimbang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya