Sering Diklaim Sudah Tewas, Bos ISIS Diyakini Masih Hidup

Pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.
Sumber :
  • REUTERS/Social Media Website via Reuters TV

VIVA.co.id – Seorang pejabat Kurdi yakin bahwa pemimpin kelompok militan ISIS (Daulah Islamiyah Irak dan al-Syam), Abu Bakar al-Baghdadi, masih hidup dan berada di sebelah selatan kota Raqqa, Suriah. Padahal, belum lama ini santer diberitakan Baghdadi telah tewas terbunuh. Namun tak ada konfirmasi ulang atas kabar itu.

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

"Baghdadi benar-benar hidup. Dia tidak mati. Kami memiliki informasi bahwa dia masih hidup. Kami percaya 99 persen dia masih hidup," kata Lahur Talabany kepada kantor berita Reuters, Senin 17 Juli 2017.

"Dia bersembunyi dari aparat keamanan. Dia tahu betul cara menghindarinya," lanjutnya.

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Seperti dilaporkan, pasukan keamanan Irak berhasil mengakhiri tiga tahun pengepungan ISIS di kota Mosul, Irak. Kelompok ISIS tersebut juga mendapat terdesak di Raqqa.

Meski begitu, Talabany mengatakan bahwa ISIS telah mengubah taktik serangan. Menurutnya, masih butuh tiga atau empat tahun untuk melenyapkan kelompok tersebut seluruhnya.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

"Setelah kalah, ISIS akan melakukan pemberontakan," ungkapnya.

Diberitakan pada awal bulan ini, Baghdadi dikabarkan tewas di Provinsi Niniwe, Irak. Kabar ini pun diberitakan saluran televisi Al Sumaria dan sempat dikonfirmasi oleh kelompok ISIS.

Sering Diberitakan

Berita kematian Baghdadi beberapa kali menjadi pemberitaan. Ia berkali-kali dikabarkan tewas termasuk pada tanggal 16 Juni lalu. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Baghdadi kemungkinan tewas dalam sebuah serangan Angkatan Udara Rusia di pinggiran selatan kota Raqqa. Namun pihak AS menilai dugaan itu sangat sumir.

Abu Bakar al-Baghdadi sendiri belum pernah terlihat sejak akhir 2014 lalu. Pemimpin ISIS ini hanya pernah muncul dalam video di sebuah masjid yang menjadi ikon di jantung kota Mosul yakni Masjid al-Nouri.

Sementara terakhir kali Baghdadi mengeluarkan sebuah pesan audio pada 3 November 2016. Dia mendesak para pengikutnya untuk terus mempertahankan Kota Mosul. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya