Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 18 Juli 2017 | 10:54 WIB
  • Video Viral Wanita Pakai Rok Mini Picu Kemarahan Arab Saudi

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Video Viral Wanita Pakai Rok Mini Picu Kemarahan Arab Saudi
Photo :
  • Twitter/BBC.com
Potongan klip video Khulood dengan rok mini

VIVA.co.id – Video seorang perempuan yang sengaja merekam dirinya dengan menggunakan rok mini dan atasan minimalis kini tengah jadi perbincangan hangat di Arab Saudi. Pembuat video yang diunggah akun dengan nama Khulood itu tengah dicari aparat setempat.

Perempuan yang menggunakan busana minimalis dianggap melanggar hukum di negara tersebut. Apalagi video itu diketahui dibuat di salah satu situs dan benteng yang dianggap bernilai sejarah bernama Ushayqir.

Di dalam video, perempuan dengan menggunakan rok mini sengaja menelurusi terowongan dan benteng dengan membelakangi kamera. Padahal Arab Saudi mengharuskan perempuan menggunakan baju tertutup abhaya dan jilbab di ruang publik. Perempuan juga dilarang menyetir mobil.

Dilansir laman BBC, video ini lantas menjadi viral dan menuai kontroversi. Kalangan konservatif meminta pemerintah Arab Saudi segera menangkapnya karena dianggap melanggar hukum. Sementara sebagian lagi menilai perbuatan tersebut sangat berani dan tak perlu diusut.

Video viral itu awalnya diunggah di Snapchat hingga menarik perhatian pemerintah. Diketahui bahwa Khulood juga sengaja mengambil gambar di sepanjang jalan desa bersejarah Ushayqir, Provinsi Najd yang letaknya sekitar 98 mil dari Riyadh.

Njad diketahui adalah kota tempat lahirnya paham Wahabi yang berkembang di Arab Saudi, bagian dari Islam Sunni yang berprinsip cukup keras. Video ini lantas menjadi perbincangan di media sosial sembari aparat disebutkan sedang mencari pelaku dan figur dalam video.