Jet Tempur China Mengintai, Pesawat AS Pilih Berbelok

Sengketa wilayah di Laut China Selatan.
Sumber :
  • U.S. Navy/Handout via Reuters/File Photo

VIVA.co.id – Dua jet tempur China, dilaporkan mematai-matai pesawat pemantau Navy milik Amerika Serikat, yang sedang berada di Kawasan Laut China Selatan pada akhir pekan kemarin.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Otoritas resmi AS, sebagaimana dikutip dari laman Reuters, Selasa 25 Juli 2017, menyatakan bahwa pesawat China tersebut berada hanya sekitar 91 Meter dari pesawat Amerika.

Disebutkan, pesawat China dengan jenis J-10, seperti sengaja menunjukkan diri memata-matai pesawat AS. Pesawat AS berjenis EP-3, diketahui sudah melakukan pemantauan di kawasan tersebut sejak Minggu 23 Juli 2017, namun akhirnya berbelok setelah dimata-matai oleh jet China.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Pihak AS mengatakan bahwa jet China, tersebut jelas adalah pesawat yang siap bertempur, karena diperlengkapi dengan senjata. Pula memiliki jaringan ke Kota Qingdao, yang berjarak sekitar 148kKilometer yang diduga menjadi lokasi sumber penyadapan.

Pentagon menyatakan bahwa kondisi tersebut berpotensi ancaman. Namun, posisi kedua pesawat tersebut untungnya tidak memicu adanya kontak.

Amerika Serikat Batasi Visa bagi Pejabat China

Eskalasi persaingan antara China dan AS, kembali menghangat menyusul makin agresifnya China di Kawasan Laut China Selatan. Diketahui, AS juga memiliki kepentingan dengan wilayah yang sebagian besar menjadi objek sengketa China dengan negara-negara Asia Tenggara itu.

Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020