Nyeleneh, Tiongkok Bangun Bioskop di Laut China Selatan

Kapal induk Liaoning, gelar latihan militer di Laut China Selatan.
Sumber :
  • REUTERS / Stringer

VIVA.co.id – China terus mempertegas klaimnya atas wilayah Laut China Selatan dengan membangun berbagai macam fasilitas. Jika beberapa waktu terakhir pembangunan tersebut berupa fasilitas militer dan pemerintahan, kali ini China agak nyeleneh. Mereka  membangun sebuah bioskop.

Patroli Laut China Selatan, Australia Bangun Armada Drone

Dilansir Xinhua, Selasa 25 Juli 2017, lebih dari 200 penduduk dan tentara di Pulau Yongxing (Woody Island) menonton film berjudul "The Eternity of Jiao Yulu" pada Sabtu lalu, yang menandai pembukaan bioskop tersebut.

Terletak di kota Sansha, kota terbaru di Laut China Selatan, Bioskop Sansha Yinlong menawarkan film-film blockbusters terbaru yang sesuai dengan negara-negara lainnya.

AS Siap Imbangi Dominasi Tiongkok di Laut China Selatan

"Bioskop menampilkan setidaknya satu film setiap hari, sehingga penduduk dan tentara di Pulau Yongxing dapat menikmati film bersamaan dengan penonton bioskop di seluruh negeri," kata Gu Xiaojing, manajer umum Hainan Media Croup.

Bioskop tersebut dilengkapi dengan peralatan canggih, termasuk proyektor digital 4K terbaru. Pihak bioskop juga mengatakan telah membeli dua unit proyektor mobile dan berencana memutar film secara gratis di lebih banyak pulau untuk memenuhi kebutuhan penduduk.

Kapal Perang AS Berlabuh di Laut China Selatan, Bikin Gentar

April lalu, kota Sansha juga membuka perpustakaan umum pertama dan stadion, untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan budaya untuk memperkaya kehidupan warga.

China mendirikan kota Sansha pada tahun 2012. Pemerintahan kota ini terletak di Pulau Yongxing, pulau terbesar di Laut China Selatan.

Pemerhati politik Rocky Gerung dalam forum diskusi bertajuk Gerakan Rasional Indonesia di kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin, 9 Juli 2018.

Rocky Gerung: Konflik Laut China Selatan, RI Hanya Tahan 14 Jam

Dalam hitungan jam NKRI akan lumpuh, apa analisisnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Juli 2018