Meriahnya Perayaan Hari Kemerdekaan Amerika di Jakarta

Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan dan Wapres RI Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta menggelar pesta perayaan hari kemerdekaan yang jatuh setiap 4 Juli dengan resepsi meriah. Digelar di kediaman dinas duta besar di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, resepsi tersebut dihadiri sejumlah tokoh penting.

AS Perpanjang Pembebasan Tarif Bea Masuk untuk Indonesia

Pada pidato pembukaan, Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan mengungkapkan kegembiraannya. Sebab, ini adalah tahun pertamanya menggelar hari kemerdekaan Amerika sejak menjabat sebagai duta besar untuk Indonesia.

"Banyak persamaan antara AS dan Indonesia. Kita menjadi negara demokrasi dengan budaya dan masyarakat yang ramah. Persamaan ini menjadi dasar dan kekuatan kedua negara kita," kata Donovan, Kamis malam, 27 Juli 2017.

Jimly Asshiddiqie: Menlu AS Datang Bujuk RI Tak Berpihak ke China

Pada gelaran resepsi kali ini, Kedubes AS mengusung tema yang berasal dari semboyan negara, yakni Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu dan semboyan Amerika, E Pluribus Unum, yang berarti dari banyak menjadi satu.

Menurutnya, persamaan antara kedua negara yang memiliki banyak etnis, agama, latar belakang, suku, dan budaya membuat Indonesia dan Amerika terus memperkuat kerja sama dan berbagi nilai bagi masyarakat.

DPR Ingatkan Prabowo Jangan Beli Jet Tempur Bekas

Berbagai tamu undangan, mulai dari pejabat pemerintah, swasta, diplomat, militer, akademisi, pebisnis, dan lainnya turut meramaikan pesta peringatan kemerdekaan Amerika ini.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI ke-3 B.J. Habibie, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Ketua MPR Zulfikli Hasan, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, dan sebagainya.

Saat berbincang dengan Dubes Donovan, Wapres JK yang datang dengan didampingi istrinya Mufidah Kalla, berharap hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat dapat terus meningkat dalam waktu ke depan di berbagai bidang.

"Sebagai negara sahabat Indonesia tentu selalu ingin memperbaiki dan meningkatkan hubungan. Harapannya, ekonomi, investasi dan perdagangan terus membaik," ujar JK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya