VIDEO: Korut Luncurkan Rudal ke Arah Jepang

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, (berbaju putih) saat menyaksikan peluncuran rudal beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Korea Utara dikabarkan sukses uji coba rusak balistik antarbenua atau ICBM mereka pada Jumat malam 28 Juli 2017. Uji coba ini merupakan yang kedua kali dalam sebulan terakhir ini. Sebelumnya Korea Utara sukses menguji coba peluncuran rudal ICBM pada 4 Juli 2017. 

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Dikutip dari RT, Sabtu 29 JUli 2017, uji coba peluncuran itu menimbulkan reaksi dari Amerika Serikat. Departemen Pertahanan AS yang bermarkas di Pentagon mengatakan, peluncuran rudal antarbenua itu dilakukan dari area Mupyong-ni dan diyakini telah melesat sejauh 1000 kilometer. 

Pentagon mengatakan rudal tersebut jatuh ke Laut Timur. Jepang pun, seperti diberitakan Reuters, mengungkapkan rudal Korut itu jatuh ke perairan zona ekonomi eksklusif mereka. Militer Korea Selatan juga memperkirakan rudal tersebut melesat sejauh 1000 kilometer. 

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Sebelumnya Reuters menuliskan, Televisi pemerintah Korea Utara menyiarkan gambar peluncuran tersebut dan menunjukkan rudal lepas landas dengan ledakan berapi-api. Melihat sukses peluncuran itu, Jong Un bersorak kegirangan bersama dengan ajudan militernya.

Menurut laporan kantor berita Korea Utara, KCNA, uji coba peluncuran rudal balistik itu merupakan 'peringatan keras' bagi Amerika Serikat bahwa Negeri Paman Sam bisa terancam dengan rudal tersebut. Menurut laporan kemampuan rudal balistik ICBM itu bisa menghancurkan semua daratan Amerika Serikat jika diluncurkan. 

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

"Uji coba tersebut menegaskan kembali keandalan sistem ICBM yang mengejutkan wilayah, lokasi dan kapan pun. Itu dengan jelas membuktikan seluruh daratan AS berada dalam jangkauan rudal Korut. Jong Un mengatakan itu dengan bangga," tulis kantor berita tersebut. 

Saksikan video peluncuran uji coba rudal ICBM pada Jumat 28 Juli 2017 pada tautan ini.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya